Sebutkan sumber sejarah Sriwijaya yang berasal dari luar negri​!

Sebutkan sumber sejarah Sriwijaya yang berasal dari luar negri​!

Jawaban

Berikut beberapa sejarah Sriwijaya yang berasal dari luar negeri:

  1. Prasasti Nalanda. Prasasti ini menjadi salah satu peninggalan kerajaan Sriwijaya yang mana berasal dan ditemukan di India Timur, Prasasti ini menjadi bukti kerajaan Sriwijaya yang mana mengenai penghargaan Balaputradewa yang diberikan oleh raja Dewa Paladewa yang mana berasal dari India juga.
  2. Prasasti Ligor. Prasasti ini menjadi salah satu sumber sejarah kerajaan penting dari Sriwijaya yang mana ditemukan di Thailand. Isi umum dari Prasasti ini berupa keagungan raja Wisnu beserta keluarganya.
  3. Prasasti Leiden. Prasasti ini berada di India yang berisikan tentang peresmian wihara dari langsung oleh raja Sriwijaya.
  4. Prasasti Kanton. Prasasti ini ditemukan di Kanton, China. Prasasti ini berisikan tentang bantuan yang diberikan oleh raja Sriwijaya untuk perbaikan beberapa kuil di Kanton.

Berikut beberapa sumber sejarah kerajaan Sriwijaya dari dalam negeri:

  1. Prasasti kedukan bukit.
  2. Prasasti kota kapur.
  3. Prasasti talang tuwo.

Pembahasan

Sriwijaya menjadi salah satu kerajaan besar yang pernah memiliki beberapa kekuasaan dan perkembangan hubungan di wilayah Asia terutama Indonesia. Maka berikut penjelasan beberapa sumber sejarah kerajaan Sriwijaya dari dalam negeri:

  1. Prasasti kedukan bukit. Pada prasasti ini ditemukan di Sumatera Selatan yang mana ditemukan di daerah kota Palembang, dalam penemuan ini melalui pencarian sulit yang berada di pinggiran pantai sungai tatang menuju sungai Musi.
  2. Prasasti kota kapur. Prasasti ini menjadi salah satu bukti penemuan dari orang luar negeri bernama J.K Van Der Meulen. Dari hal tersebut menjadi peranan penting bahwa prasasti ini ditemukan di pesisir laut pulau Bangka yang menjadi salah satu tempat buktinya adanya kerajaan Sriwijaya.
  3. Prasasti talang tuwo. Penemu ini juga berasal dari luar negeri yang bernama Louis Constant Westenek, prasasti ini ditemukan pada tanggal 17 November 1945.