Sebutkan contoh pengembangan kebudayaan!

Sebutkan contoh pengembangan kebudayaan!

Jawaban

Berikut beberapa contoh pengembangan kebudayaan:

  1. Terjadinya akulturasi. Akulturasi sendiri adalah sebuah masuknya kebudayaan baru dan diolah dengan budaya lokal namun tidak menghilangkan budaya lokal yang ada tersebut.
  2. Terjadinya asimilasi. Asimilasi adalah sebuah proses masuknya kebudayaan baru yang mana setelah adanya hubungan interaksi antar budaya, kebudayaan baru tersebut diterima dan bercampur terhadap budaya lokal sehingga menghasilkan unsur kebudayaan campuran.
  3. Multikulturalisme. Banyaknya kelompok yang berbeda di suatu masyarakat akan menghasilkan sebuah kebiasaan saling menghargai dan mempelajari antar budaya, biasanya terjadi pada masyarakat yang berbeda-beda.

Pengembangan budaya adalah sebuah suatu proses yang mana guna meningkatkan hingga mempertahankan kebiasaan yang ada karena pengembangan masyarakat itu selalu ada mengikuti perubahan waktu ke waktu dari globalisasi.

Pembahasan

Dalam pengembangan budaya adanya beberapa komponen penting dalam pengembangannya. Maka berikut beberapa komponen dari pengembangan budaya:

  1. Melestarikan dan menghargai budaya. Pengembangan budaya tidak akan terjadi jika tidak ada sikap melestarikan maupun menghargai budaya, dari hal tersebut pentingnya menjaga budaya yang ada sehingga terjaga dan dilestarikan agar berkembang dengan baik.
  2. Budaya partisipatori. Partisipasi dalam menjalankan budaya dan menjaganya menjadi peranan penting terhadap tercapainya kehidupan masyarakat yang terdiri dari kelompok yang berbeda-beda namun tetap penting.
  3. Masyarakat multikulturalisme. Masyarakat yang berbeda-beda isi kelompoknya menjadi penting untuk hidup secara perbedaan dan menerimanya.

Check Also

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur!

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur! Jawaban Karya miniatur adalah salah satu jenis dari …