Strategi Wali Songo yang menjadi contoh sukses dakwah di tanah Jawa adalah

Strategi Wali Songo yang menjadi contoh sukses dakwah di tanah Jawa adalah

Jawaban

Salah satu contoh strategi Wali Songo yang sukses di tanah Jawa adalah menyebarkan agama Islam melalui kesenian.

Dalam menyebarkan agama Islam dahulu pernah dilakukan oleh Sunan Kalijaga sebagai salah satu Wali Songo yang pintar bermain wayang, dari hal tersebut ketika pentas wayang dimasuki nilai-nilai Islam dan mengajak para penonton untuk ucap dua kalimat syahadat.

Pembahasan

Wali Songo atau sembilan wali adalah salah satu bukti sejarah tentang perkembangan Islam yang pesat di Indonesia hingga sekarang. Maka berikut beberapa cara dakwah dari Wali Songo:

  1. Menyebarkan agama Islam dengan budaya dan kesenian. Kedua hal tersebut dilakukan oleh Sunan Kalijaga yang mana menyebarkan agama Islam di Jawa yang masih kental dahulunya dengan budaya Hindu Budha, dari penyebaran dilakukan melalui memasukkan nilai-nilai Islam di dalam budaya sehingga secara bertahap nilai Islam tertanam di masyarakat dalam jangkauan lama hingga sekarang.
  2. Mengembangkan sebuah kota menjadi pusat dakwah dan pemerintahan. Salah satu usaha wali yang berdampak besar adalah Sunan Gunung Jati yang mana membuat Cirebon sebagai pusat dakwah serta pemerintahan, dari hal tersebut menjadi bukti bahwa penyebaran agama Islam di Banten dan sekitar cukup sukses sehingga terbentuknya kesultanan Banten.
  3. Menyebarkan agama Islam dengan keceriaan melalui pondok-pondok dan tembang. Sunan Giri memiliki peranan penting terhadap perkembangan Islam di Jawa Timur, hal tersebut terbukti dengan dakwah-dakwah tembang yang berisikan nilai-nilai Islam hingga saat ini.