Jelaskan konsep NKRI menurut pasal 37 ayat 5 UUD RI 1945!

Jelaskan konsep NKRI menurut pasal 37 ayat 5 UUD RI 1945!

Jawaban

Konsep NKRI menurut pasal 37 ayat 5 UUD RI 1945 merupakan Konsep pembatasan perubahan bentuk Negara Republik Indonesia (NKRI). Jadi, konsep ini dirancang guna untuk menjaga dan juga mempertahankan persatuan serta kesatuan Nusantara. Dan secara garis besarnya, Pasal 37 UUD tahun 1945 ini membahas mengenai perubahan undang-undang. Di mana ayat 1 sampai 4 menjelaskan bahwa pasal-pasal lain bisa diubah dengan syarat prosedur tertentu. Sedangkan untuk ayat 5 menegaskan bahwa bentuk NKRI tidak bisa diubah.

Pembahasan

Berikut bunyi pasal 37 dari ayat 1-5 UUD RI tahun 1945:

  1. Usul perubahan pasal-pasal Undang-Undang Dasar dapat diagendakan dalam sidang Majelis Permusyawaratan Rakyat apabila diajukan oleh sekurang-kurangnya 1/3 dari jumlah anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat.
  2. Setiap usul perubahan pasal-pasal Undang-Undang Dasar diajukan secara tertulis dan ditunjukkan dengan jelas bagian yang diusulkan untuk diubah beserta alasannya.
  3. Untuk mengubah pasal-pasal Undang-Undang Dasar, sidang Majelis Permusyawaratan Rakyat dihadiri oleh sekurang-kurangnya 2/3 dari jumlah anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat.
  4. Putusan untuk mengubah pasal-pasal Undang-Undang Dasar dilakukan dengan persetujuan sekurang-kurangnya lima puluh persen ditambah satu anggota dari seluruh anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat.
  5. Khusus mengenai bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak dapat dilakukan perubahan.

Check Also

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi Jawaban Privatisasi merupakan bentuk …