Bagaimana peran persatuan dan kesatuan bangsa dalam usaha untuk meraih kemerdekaan?

Bagaimana peran persatuan dan kesatuan bangsa dalam usaha untuk meraih kemerdekaan?

Jawaban

Peran persatuan dan kesatuan bangsa dalam usaha untuk meraih kemerdekaan yakni dengan adanya persatuan dan kesatuan maka menjadikan seluruh masyarakat Indonesia bekerja sama dan kompak dalam upaya mengusir para penjajah. Usaha yang dilakukan oleh banyak orang ini dapat menjadikan hasil yang dicapai lebih maksimal sehingga dapat meraih kemerdekaan. Selain itu, peran besar seperti perjuangan kemerdekaan yang mempunyai titik perjuangan penting dalam Sumpah Pemuda pada tahun 1928. Karena hasil dari Kongres Pemuda ini menyatukan organisasi pergerakan dan kedaerahan yang berbeda-beda menjadi satu tujuan, maka dari itu persatuan ini sangat penting karena menjadi penggerak perjuangan kemerdekaan.

Pembahasan

Indonesia meraih kemerdekaannya bukanlah sebuah hadiah yang diberikan oleh penjajah, tetapi Indonesia sendiri yang bertekad untuk memerdekakan dirinya sendiri. Persatuan bangsa Indonesia ini bahkan dicantumkan di sila ke-3 Pancasila yang berbunyi “Persatuan Indonesia” yang dijadikan sebagai ideologi dan juga pedoman hidup berbangsa dan bernegara.

Persatuan bangsa Indonesia ini mengandung unsur-unsur cita-cita dari persaudaraan dan persahabatan, diliputi dengan suasana kebaikan, kesucian dan keindahan. Persatuan dan kesatuan bangsa ini juga harus selalu dijaga agar negara Indonesia menjadi negara yang mandiri.