Faktor internal dan external penyebab memudarnya kesatuan dan persatuan

Faktor internal dan external penyebab memudarnya kesatuan dan persatuan

Jawaban

Berikut ini merupakan faktor internal dan faktor eksternal penyebab memudarnya kesatuan dan persatuan bangsa:

Faktor internal:

  1. Pemerintahan pada zaman reformasi yang sangat jauh dari harapan para pemuda sehingga menyebabkan para pemuda kecewa pada kinerja pemerintah saat ini. Contohnya adalah dengan terkuaknya kasus-kasus korupsi, penggelapan uang negara dan penyalahgunaan kekuasaan oleh para pejabat negara membuat para pemuda menjadi enggan untuk memperhatikan lagi pemerintah.
  2. Sikap keluarga dan lingkungan sekitar yang tidak mencerminkan rasa nasionalisme dan patriotisme sehingga menyebabkan para pemuda meniru sikap tersebut.
  3. Demokrasi yang di mana telah melewati batas etika dan sopan santun sehingga maraknya unjuk rasa telah menimbulkan frustasi di kalangan pemuda dan hilangnya rasa optimis hingga yang tersisa hanya ada sifat malas, egois dan emosional.
  4. Tertinggalnya negara Indonesia dengan negara-negara lain dalam berbagai aspek kehidupan akan menyebabkan para pemuda tidak bangga lagi menjadi warga negara bangsa Indonesia.
  5. Timbulnya etnosentrisme yang di mana menganggap sukunya lebih baik dari suku-suku lainnya sehingga akan membuat para pemuda lebih mengagungkan daerah atau sukunya daripada persatuan bangsa.

Faktor eksternal:

  1. Arus globalisasi yang meningkat dan menyebar sangat cepat sehingga berimbas pada nilai moral pemuda. Para pemuda akan lebih memilih kebudayaan yang berasal dari negara lain dibandingkan dengan kebudayaan Indonesia sendiri, sebagai contoh yaitu para pemuda akan lebih memilih pakaian-pakaian minim yang di mana mencerminkan budaya barat dibandingkan memakai batik atau baju yang sopan yang di mana telah mencerminkan budaya bangsa Indonesia.
  2. Paham liberalisme yang dianut oleh negara-negara barat yang memberikan dampak buruk pada kehidupan bangsa. Para pemuda yang ada di negara kita akan meniru paham libelarisme yang di mana seperti sikap individualisme atau hanya memikirkan dirinya sendiri tanpa memperdulikan dan memperhatikan keadaan sekitar dan sikap acuh tak acuh pada pemerintahan.

Pembahasan

Persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia dapat diartikan sebagai persatuan bangsa atau negara yang  di mana menduduki wilayah Indonesia. Persatuan harus kita didorong guna dapat mencapai kehidupan yang bebas dalam wadah negara yang merdeka dan berdaulat. Persatuan dan kesatuan​ termasuk hal penting yang harus dipunyai setiap bangsa, sebab persatuan dan kesatuan​ ini menjadi satu di antara senjata paling ampuh agar tetap utuh.

Check Also

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama!

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama! Jawaban Menurut pendapat …