Jelaskan prinsip pokok dalam penyusunan laporan keuangan!

Jelaskan prinsip pokok dalam penyusunan laporan keuangan!

Jawaban

Prinsip pokok dalam penyusunan laporan keuangan yang baik dan benar pada dasarnya harus mengacu pada prinsip-prinsip akuntansi yang sesuai dengan standar dan prosedur ilmu akuntansi diantaranya sebagai berikut:

  1. Prinsip Biaya Historis yakni melakukan pencatatan terhadap biaya yang dikeluarkan baik untuk memperoleh barang maupun jasa.
  2. Prinsip Konsistensi merupakan prinsip pada saat proses penyusunan laporan keuangan dengan menggunakan metode dan standar secara konsisten
  3. Prinsip Pengakuan Pendapatan yakni mencatat aliran harta yang masuk sebagai sumber pendapatan
  4. Prinsip Entitas Ekonomi yakni prinsip yang mengharuskan pemisahan aset usaha dengan aset pribadi
  5. Prinsip Mencocokkan artinya pengecekan pengeluaran dengan pemasukan
  6. Prinsip Pengungkapan Secara Lengkap merupakan prinsip paling utama karena mengharuskan penyajian informasi pada laporan keuangan secara lengkap tanpa ada yang terlewatkan.
  7. Prinsip Periode Akuntansi artinya pembatasan laporan keuangan dalam kurun waktu tertentu, misal satu semester
  8. Prinsip Materialitas merupakan prinsip yang mana informasi akuntansi memiliki nilai nominal dan bisa dijual
  9. Prinsip Kesinambungan Usaha bahwa sebuah usaha ekonomi tetap berjalan secara berkesinambungan dan konsisten, kecuali bila ada peristiwa atau masalah khusus yang bisa menyebabkan pemberhentian bisnis.
  10. Prinsip Satuan Moneter yakni segala bentuk pencatatan / pendataan transaksi hanya dapat dinyatakan dalam bentuk yang bisa diukur, misalnya mata uang.

Pembahasan

Laporan keuangan merupakan sebagai pencatatan dan pelaporan uang serta transaksi yang terjadi pada suatu bisnis yang dijalankan yang biasanya diciptakan pada periode tertentu menyesuaikan kebutuhan dan kebijakan perusahaan. Menurut Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI), laporan keuangan yakni bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan posisi keuangan, catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan.

Jenis-jenis Laporan Keuangan

  1. Laporan Laba Rugi
  2. Laporan Neraca
  3. Laporan Perubahan Modal
  4. Laporan Arus Kas
  5. Laporan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK)

Check Also

Adakah pembamgkit listrik tenaga air di daerahmu

Adakah pembamgkit listrik tenaga air di daerahmu Di daerah saya ada satu pembangkit listrik tenaga …