Langkah pertama sebelum membuat ringkasan adalah​

Langkah pertama sebelum membuat ringkasan adalah​

Jawaban

Langkah dalam membuat ringkasan adalah membaca naskah asli, mencatat gagasan utama, mengadakan reproduksi, melakukan ketentuan tambahan. Ringkasan sangat membantu dalam menuangkan ide pokok yang ada dalam suatu buku, majalah atau bahan apapun yang sedang kita baca.

Pembahasan

Membuat ringkasan harus sangat detail dalam memahami bacaan yang ingin dituang atau dituliskan dalam sebuah ringkasan. Ringkasan merupakan ide pokok yang ada pada sebuah cerita ataupun sebuah pembahasan yang sangat membantu dalam proses manarik kesimpulan. Ringkasan harus sesuai dengan standar bahasa Indonesia yaitu tidak terlalu banyak memakan kalimat dan paragraf.

Berikut merupakan langkah yang digunakan dalam menulis ringkasan yang baik dan teratur:

  1. Membaca naskah asli, cara ini merupakan langkah utama yang harus dilakukan untuk mengetahui isi, kesan umum tentang karangan tersebut secara menyeluruh.
  2. Mencatat gagasan utama, setelah menangkap maksud yang ada dalam buku, kesan umum dan sudut pandang pengarang, maka selanjutnya adalah melakukan pendalaman dan mengkonkritkan semua hal yang dimaksud dalam buku tersebut. Langkah ini menggunakan judul dan daftar isi sebagai sebuah pegangan. Adapun yang menjadi sasaran pencatatan adalah judul, bab, judul anak bab dan alinea.
  3. Mengadakan reproduksi yang merupakan cara dengan mengaitkan isi dengan naskah asli, tapi kalimat dalam ringkasan yang dibuat harus dengan menggambarkan kembali isi dari karangan aslinya.
  4. Ketentuan tambahan merupakan langkah yang harus diperhatikan dalam menuliskan ringkasan ini. Adapun langkah-langkahnya adalah dengan menyusun ringkasan, melakukan ringkasan menjadi frasa dan frasa menjadi kata. Selanjutnya besar ringkasan tergantung jumlah alinea dan topik utama yang akan dimasukkan dalam ringkasan. Lalu, buanglah semua keterangan atau sifat yang ada. Pertahankan susunan dan gagasan, bedakan ringkasan ditentukan pula panjangnya.

Check Also

Arti penting surat perintah sebelas maret 1966 yang kemudian di sebut supersemar merupakan?

Arti penting surat perintah sebelas maret 1966 yang kemudian di sebut supersemar merupakan? Jawaban Surat …