Jelaskan pentingnya pentingnya membangun komunikasi dengan pelaku usaha lainnya!

Jelaskan pentingnya pentingnya membangun komunikasi dengan pelaku usaha lainnya!

Jawaban

Komunikasi merupakan suatu proses pemindahan pesan dari seorang pembicara kepada penerima/ komunikan. Dalam sebuah bisnis, komunikasi menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan pencapaian usaha. Komunikasi penting untuk dibangun agar menciptakan kerjasama yang baik untuk keberlangsungan perusahaan ataupun usaha dan untuk mengembangkan suatu perusahaan menjadi skala yang lebih besar lagi.

Pembahasan

Komunikasi adalah elemen yang penting untuk membentuk kehidupan bersosial yang lebih baik. Dengan komunikasi yang baik, pebisnis bisa menjual produk yang dimiliki dengan lebih baik dan juga bisa menghindari terjadinya kesalahpahaman antar kedua belah pihak.

Terdapat beberapa jenis komunikasi dalam bisnis yaitu :

  • Komunikasi Horizontal                                                                                   Yang dimaksud dengan komunikasi horizontal adalah cara berkomunikasi yang tujuannya untuk menjalin hubungan baik antara atasan yang setingkat dan diwujudkan biasanya dengan mengadakan pertemuan secara berkala.
  • Komunikasi Vertikal                                                                                      Yang dimaksud komunikasi vertikal adalah proses penyampaian informasi dari atasan kepada bawahan atau dari bawahan kepada atasan.

Komunikasi bisnis juga bertujuan untuk beberapa yaitu sebagai berikut :

a. Memberikan Informasi

Tujuan yang pertama adalah memberikan informasi. Informasi yang disampaikan adalah informasi yang ada kaitannya dengan bisnis dan disampaikan dengan cara yang benar dan tepat

b. Memberikan Persuasi

Tujuan komunikasi yang kedua adalah memberikan persuasi. Persuasi adalah komunikasi yang digunakan dengan tujuan untuk meyakinkan dan memengaruhi orang lain.

c. Melakukan Kerja Sama

Tujuan yang terakhir dalam komunikasi bisnis adalah melakukan kerja sama antar kedua belah pihak. Dengan melakukan kerja sama yang baik antar kedua belah pihak, maka untuk bisa mencapai keberhasilan dalam bisnis menjadi lebih mudah.

Komunikasi bisnis dengan pelaku bisnis lainnya juga dapat menjadi salah satu ajang untuk menarik investor sehingga perusahaan yang dikelola menjadi lebih berkembang dan membangun komunikasi untuk menciptakaan keadaan usaha yang lebih sinkron kedepannya.

Check Also

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh pemiliknya dan kapasitas mobil masing-masing adalah lima orang termasuk pengemudi. Banyak cara menyusun penumpang di kedua mobil tersebut adalah

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh …