Identifikasi perubahan dan tantangan di masa sekarang, yang menurut anda paling potensial mengganggu keutuhan wilayah dan persatuan bangsa!

Identifikasi perubahan dan tantangan di masa sekarang, yang menurut anda paling potensial mengganggu keutuhan wilayah dan persatuan bangsa!

Jawaban

Dalam mempertahankan keutuhan dan persatuan bangsa, terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi khususnya oleh kaum muda yaitu:

  1. Ilmu Teknologi
  2. Tantangan pasar berkembang
  3. Globalisasi
  4. Keamanan nasional
  5. Etika, moral, dan agama.

Pembahasan

Tantangan terbesar bagi generasi muda dalam perkembangan digital adalah tidak terserap di dalamnya dan mengorbankan sisi negatif dari kemajuan teknologi. Selain itu, pemuda berperan penting sebagai entitas pembangunan dan keutuhan bangsa melalui partisipasi aktif dalam kegiatan sosial, dan menjadi subjek perubahan lingkungan.

Tantangan – tantangan tersebut yaitu:

  1. Pertama, tantangan teknologi pembelajaran. Kehadiran teknologi semakin mendominasi kehidupan masyarakat, baik dalam ukuran, ruang lingkup maupun dampaknya. Hal ini menyebabkan gejolak digital. Dengan munculnya sistem otomatis, kecerdasan buatan, dan Internet of Things (LoT), diharapkan banyak jenis pekerjaan yang sudah ada sebelumnya akan dihilangkan.
  2. Kedua, tantangan pasar negara berkembang. Negara yang disebut negara berkembang adalah negara yang telah mengalami pertumbuhan ekonomi, industrialisasi dan modernisasi yang sangat pesat.
  3. Ketiga, tantangan globalisasi. Globalisasi dapat berarti penipisan batas. Teknologi digital dan Internet menarik semakin banyak orang ke ruang yang disebut Global Village. Salah satu dampaknya adalah menurunnya kualitas nasionalisme bangsa.
  4. Keempat adalah masalah keamanan. Kaum muda rentan terhadap keamanan siber. Sejumlah besar anak muda  menjadi korban cyber bullying, pelecehan seksual, penipuan online, dan perdagangan manusia.
  5. Kelima: Tantangan moral, etika dan agama. Penggunaan teknologi sosial menimbulkan tantangan serius terhadap masalah moral, etika, dan bahkan agama. Kondisi ini digambarkan oleh Salma Abbasi dan Myra Manawar  sebagai “kerentanan kompleks” yang dapat mengarah pada ekspresi jahat, hoax, misinformasi, dan bahkan cuci otak.

Check Also

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama!

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama! Jawaban Menurut pendapat …