Sebutkan cara pengambilan sampel penelitian dengan sampel random !

Sebutkan cara pengambilan sampel penelitian dengan sampel random !

Jawaban

Ada empat cara pengambilan sampel secara acak atau yang dikenal dengan teknik random sampling (Sampel Acak), adapun ke empat cara tersebut ialah :

  1. Simple Random Sampling (Sampel Acak Sederhana)
  2. Stratified Random Sampling (Sampel Acak Berstrata)
  3. Cluster Random Sampling (Sampel Acak Berdasarkan Wilayah)
  4. Systematic Random Sampling (Sampel Acak Sistematik)

Penjelasan

Random Sampling atau dalam Bahasa Indonesia dikenal sebagai Teknik Sampel Acak merupakan salah satu cara pengambilan sampel (bahan penelitian) yang dilakukan secara acak, maksudnya setiap sampel mendapatkan perlakuan yang sama dengan sampel lainnya, sehingga peluang terpilih bagi masing-masing sampel sama besarnya .

Ada 4 metode pengambilan sampel secara acak (Random Sampling), yakni :

  1. Simple Random Sampling (Sampel Acak Sederhana), yakni teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak dalam suatu populasi, sampel dapat dipilih sepanjang masuk kedalam populasi, contoh sederhana misalkan dalam mencicipi masakan soup/kuah dari populasi satu panci diambil satu sendok untuk mengetahui citarasa masakan soup/Kuah tersebut.
  2. Stratified Random Sampling (Sampel Acak Berstrata), yakni teknik pengambilan sampel secara acak dengan memperhatikan strata/tingkatan dalam populasi tersebut, misalkan untuk mengetahui minat baca pada siswa di suatu populasi sekolah, maka ditarik sampel secara acak berdasarkan tingkatan kelas di sekolahan tersebut sehingga dapat diketahui persentase minat baca siswa pada masing masing tingkatan kelas disekolahan tersebut.
  3. Cluster Random Sampling  (Sampel Acak Berdasarkan Wilayah), yakni teknik pengambilan sampel secara acak dengan memperhatikan keterwakilan wilayah, contoh yang paling sering digunakan ialah survey terhadap calon presiden yang unggul, dimana lembaga survey mengambil sampel secara acak untuk tiap tiap wilayah di Indonesia, dalam melihat peluang salah satu calon presiden atau beberapa calon presiden dalam memenangkan pemilihan di masing-masing wilayah yang ada di Indonesia
  4. Systematic Random Sampling (Sampel Acak Sistematik), yakni teknik pengambilan sampel secara acak, dimana hanya sampel pertama saja yang mendapat perlakuan acak. sedangkan sampel berikutnya tidak secara acak, contoh ada 1.000 populasi yang mau dipilih secara acak, maka pada teknik Systematic Random Sampling (Sampel Acak Sistematik), dari 1.000 populasi sampel, kemudian dikelompokkan menjadi 10 kelompok yang sama jumlahnya, sehingga tiap tiap kelompok ada 100 populasi, dan dari tiap-tiap 100 populasi tadi diambil secara acak misalkan 2 sampel, sehingga jumlah sampel acaknya ada 200 sampel.

Check Also

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh pemiliknya dan kapasitas mobil masing-masing adalah lima orang termasuk pengemudi. Banyak cara menyusun penumpang di kedua mobil tersebut adalah

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh …