Jelaskan esensi dan urgensi penegakan hukum yang berkeadilan Indonesia!

Jelaskan esensi dan urgensi penegakan hukum yang berkeadilan Indonesia!

Jawaban

Esensi dan urgensi penegakan hukum yang berkeadilan Indonesia adalah untuk mendapatkan hukum yang tertib dan tidak merendahkan martabat warga negara, dengan kata lain hukum selalu melayani kepentingan, keadilan, ketertiban dan ketentraman warna negara agar tercipta perdamaian dan kesejahteraan warga negara.

Pembahasan

Esensi penegakan hukum bertujuan untuk mewujudkan peraturan hukum untuk menciptakan ketertiban dan keadilan hukum dalam masyarakat. Peraturan-peraturan hukum (pasal-pasal hukum material) sepatutnya dapat diwujudkan dalam proses pelaksanaan hukum di masyarakat. Dengan kata lain, penegakan umum akan berfungsi untuk meningkatkan ketertiban dan kepastian hukum dalam masyarakat sehingga masyarakat akan merasa aman dan nyaman karena telah memperoleh perlindungan akan hak dan kewajibannya.

Urgensi penegakan hukum berarti menempatkan keberadaan hukum dan upaya penegakannya dalam prioritas utama. Tidak adanya penegakan hukum akan berakibat fatal, kehidupan masyarakat akan kacau. Sepatutnya negara Indonesia sebagai negara modern dan menganut sistem demokrasi konstitusional, yang memiliki peraturan perundangan, lembaga hukum, badan hukum dan aparatur penegak hukum menjadikan prioritas utama penegakan hukum Indonesia.

Check Also

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi yang menandai masa kejayaannya adalah

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi …