Jenis jenis pahat dan kegunaannya?

Jenis jenis pahat dan kegunaannya?

Jawaban

Berikut ini adalah beberapa jenis pahat beserta kegunaannya:

  1. Pahat penguku. Adalah sebuah pahat yang memiliki 1 set pahat dengan ukir jumlah 20 bilah yang memiliki ukuran dari 1,5 mm – 40 mm. Pada pahat penguku memiliki manfaat untuk mengerjakan bagian yang lengkung, melingkar, membentuk cembung, cekung, dan ikal.
  2. Pahat penyilat. Pahat penyilat adalah sebuah pahat yang dimana memiliki set pahat ukir berjumlah 10 buah secara umum, lebar sedari 1 mm hingga 40 mm. Fungsi pahat penyilat ini adalah untuk membuat pahatan bentuk garis lurus hingga cekung.
  3. Pahat pengot. Adalah pahat yang memiliki satu set dengan jumlah 1 – 3 bilah dan memiliki bentuk mata pahat miring menyudut serta ukuran 4 mm hingga dengan 10 mm. Fungsi pahat pengot adalah untuk membersihkan pada sudut sela-sela ukiran dan meraut bagian-bagian yang di perlukan.
  4. Pahat kol. Adalah pahat yang memiliki 1 set jumlah 5 – 10 bilah namun dari ukuran 5 mm hingga 45 mm. Pahat kol berfungsi untuk membuat bentuk cekung dan hiasan texture untuk karya sebi tertentu dan untuk mengerjakan bagian-bagian cekung yang tidak dapat dikerjakan pahat kuku.
  5. Pahat coret. Pahat coret adalah sebuah pahat yang mana memiliki 1 – 3 bilah dalam satu set, serta lebar dari 3 mm hingga 1,5 cm. Memiliki fungsi untuk membuat pahatan, ukiran hingga hiasan dan tekstur untuk karya-karya seni.

Pembahasan

dalam kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Pahat adalah alat (perkakas) bertukang berupa bilah besi yang tajam pada ujungnya untuk melubangi atau mengukir kayu (ada bermacam-macam, seperti: bulat, jantan, ketam, kuku).

Check Also

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur!

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur! Jawaban Karya miniatur adalah salah satu jenis dari …