Surat dala Al-Qur’an yang tidak ada huruf mim

Surat dala Al-Qur’an yang tidak ada huruf mim

Jawaban

Surat dalam Al-Qur’an yang tidak tedapat huruf mim adalah surah Al-Kautsar. Surat Al-Kautsar adalah surat ke 108 dan merupakan surat yang diturunkan di kota Makkah. Surat Al-Kautsar terdiri 3 ayat dan dapat ditemukan dalam juz 30.

Pembahasan

Setiap surat di dalam Alquran terdiri dari beberapa huruf hijaiyah yang dimana berjumlah 29 huruf, dimulai dari alif, ba, ta, hingga ya.

Satu-satunya surat di dalam Alquran yang terbilang unik karena tidak memiliki huruf mim [ م ] adalah Surat Al-Kautsar, yaitu Surat ke-108, dan merupakan surat makkiyah.

Arti surat Al-Kautsar adalah nikmat yang berlimpah dan sebagai nama sungai. Surat ini bisa diamalkan dengan cara dibaca setiap hari. Insyaallah dengan begitu, kesedihan dan kesusahan yang kita alami akan berganti dengan kenikmatan.

 

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ ١

 

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ ٢

 

إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الأبْتَرُ ٣

artinya:

  1. Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.
  2. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah.
  3. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.

Dari arti surat Al Kautsar tersebut kita dapat mengambil hikmah bahwa sebagai hamba Allah yang baik, kita wajib bersyukur atas nikmat yang selalu diberikan Allah, yang jumlahnya tak dapat kita hitung dan kita sebut satu-persatu. Melalui surat Al Kautsar ini kita juga diingatkan untuk dapat bersyukur dengan cara menjalankan dan juga menertibkan ibadah kita, baik itu ibadah wajib maupun sunnah.

Check Also

Arti penting surat perintah sebelas maret 1966 yang kemudian di sebut supersemar merupakan?

Arti penting surat perintah sebelas maret 1966 yang kemudian di sebut supersemar merupakan? Jawaban Surat …