Tulis lah secara singkat pengertian reduce, reuse, recycle dalam istilah kerajinan!

Tulis lah secara singkat pengertian reduce, reuse, recycle dalam istilah kerajinan!

Jawaban

Reduce adalah mengurangi produksi sampah. Reuse yaitu menggunakan kembali barang bekas yang masih bisa dipakai. Recycle adalah mengolah kembali barang bekas sehingga menjadi barang baru yang dapat bermanfaat kembali.

Pembahasan

Pencemaran lingkungan akan terjadi apabila limbah tidak ditangani dengan baik. Limbah dapat dimanfaatkan menjadi kerajinan dengan pengelolaan limbah atau manajemen sampah yaitu reduce, reuse, dan recycle.

  • Reduce atau mengurangi yaitu bentuk kegiatan, tindakan atau perilaku yang dapat mengurangi produksi sampah. Contohnya penggunaan saputangan daripada tissue karena penggunaan saputangan ini dapat menghemat kayu yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan tissue
  • Reuse atau memanfaatkan ulang adalah menggunakan kembali barang bekas tanpa pengolahan bahan dengan tujuan yang sama atau dapat berbeda dari tujuan asalnya. Seperti penggunaan bahan-bahan plastik dan kertas bekas untuk souvenir, bekas ban untuk tempat pot atau kursi taman, botol-botol minuman yang telah kosong diisi kembali dan sebagainya
  • Recycle atau mengolah kembali adalah kegiatan yang memanfaatkan barang bekas dengan cara mengolah materinya untuk digunakan lebih lanjut. Contohnya, kertas atau sampah bekas, pecahan-pecahan gelas atau kaca, besi atau logam bekas dan sampah organik yang berasal dari dapur atau pasar dapat didaur ulang menjadi kompos (pupuk).

 

Check Also

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur!

Jelaskan yang kamu ketahui tentang karya miniatur! Jawaban Karya miniatur adalah salah satu jenis dari …