Keberhasilan proses perlindungan dan penegakan hukum tidak semata-mata menyangkut ditegakkannya hukum yang berlaku, akan tetapi sangat bergantung pada beberapa faktor. Penjelasan tersebut merupakan pernyataan yang dikemukakan oleh?

Keberhasilan proses perlindungan dan penegakan hukum tidak semata-mata menyangkut ditegakkannya hukum yang berlaku, akan tetapi sangat bergantung pada beberapa faktor. Penjelasan tersebut merupakan pernyataan yang dikemukakan oleh?

Jawaban

Keberhasilan proses perlindungan dan penegakan hukum tidak semata-mata menyangkut ditegakannya hukum yang berlakuakan tetapi sangat bergantung pada beberapa faktor, pernyataan tersebut dikemukakan oleh Soerjono Soekanto

Pembahasan

Indonesia merupakan negara hukum, hal itu tertuang didalam UUD 1945 pasal 1 ayat 3. Menurut Mochtar Kusma Atmadja dalam buku Karya Soejarno Seokanto, hukum merupakan segala sesuatu yang mengatur kehidupan manusia secara keseluruhan, tetapi juga meliputi lembaga-lembaga yang mewujudkannya dalam kenyataan. Sehingga sebagai warga negara yang baik, hendaknya kita menampilkan sikap yang positif dalam proses perlindungan dan penegakan hukum. Hukum, penegakan hukum, dan lembaga peradilan adalah tiga hal yang tidak dapat dipisahkan.

Berikut adalah unsur-unsur yang ada dalam perlindungan hukum yaitu:

  1. Adanya perlindungan hukum dari pemerintah.
  2. Adanya jaminan hukum.
  3. Perlindungan hukum berkaitan dengan hak-hak negara.
  4. Berlakunya sanksi bagi pihak yang melanggar hukum.

Perlindungan hukum juga berlaku kepada tersangka, tidak hanya yang menjadi korban. Tersangka memiliki hak-hak yang diperoleh sebagai tersangka, hal tersebut diatur didalam undang-undang.

Dalam karyanya, Soerjono Soekanto keberhasilan yang diperoleh dari proses perlindungan dan penegakan hukum bergantung pada beberapa faktor berikut, yaitu:

  1. Hukum. Undang-undang yang berkaitan dengan hukum tidak boleh bertentangan dengan ideologi negara. Dan penyusunannya dibuat dengan mempertimbangkan kondisi masyarakat.
  2. Penegak hukum. Pihak yang menjadi penegak hukum harus berlaku secara profesional dalam menjalankan tugas.
  3. Masyarakat. Warga negara yang baik harus mengetahui dan memahami tentang hukum dan menaati hukum yang berlaku.
  4. Sarana dan fasilitas. Sarana dan fasilitas yang mendukung seperti organisasi yang baik, peralatan, keuangan, dan lain-lain.
  5. Kebudayaan. Nilai yang mendasari tentang hukum dianggap baik akan dianut, dan jika dianggap buruk akan dihindari.

Check Also

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV!

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV! Jawaban Persekutan komanditer atau CV adalah salah satu bentuk dari …