Penerapan membenarkan dengan hati, mengucapkan dengan lisan dan mengaplikasikan dalam perbuatan

Penerapan membenarkan dengan hati, mengucapkan dengan lisan dan mengaplikasikan dalam perbuatan

Jawaban

Beriman berarti kita membenarkan sesuatu dengan hati, mengucapkan dengan lisan dan mengaplikasikannya dalam perbuatan. Adapun contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yakni, ketika kita meyakini Allah SWT, maka kita akan membenarkannya dalam hati, dan mengucapkannya dengan lisan sesuai dengan isi hati, serta mengaplikasikan keyakinan kita kepada Allah SWT dengan cara senantiasa melaksanakan perintahnya seperti sholat 5 waktu.

Pembahasan

Secara etimologi, iman merupakan bahasa Arab yang asal kata nya yaitu amana – yu`minu – imanan yang bermakna percaya, yakin, dan membenarkan. Adapun secara terminologi, iman merupakan sikap seseorang yang mempercayai akan suatu hal, salah satunya yakni iman atau sikap yakin terhadap sesuatu yang berkenaan dengan agama, yang mencakup keyakinan kepada Tuhan, nabi, kitab dan sebagainya. Beriman berarti kita membenarkan sesuatu dengan hati, mengucapkan dengan lisan dan mengaplikasikannya dalam perbuatan.

Menurut ajaran agama Islam, seluruh umat muslim wajib mengimani 6 perkara atau biasa kita sebut sebagai rukun iman, yang diantaranya sebagai berikut:

  • Beriman kepada Allah SWT, merupakan rukun iman yang paling utama bagi seorang muslim. Seorang muslim wajib meyakini bahwa tiada tuhan selain Allah SWT.
  • Beriman kepada para Malaikat-Nya, artinya seorang muslim percaya dan yakin bahwa Allah SWT telah menciptakan para malaikat, dengan segala tugas dan kelebihannya.
  • Beriman kepada kitab-kitab-Nya, artinya seorang muslim percaya dan yakin bahwa Allah SWT telah menurunkan wahyu (kitab suci) melalui malaikat Jibril kepada para rasul untuk disampaikan kepada umat yang berisi petunjuk dan pedoman hidup bagi hamba-hamba-Nya.
  • Beriman kepada Nabi dan Rasul-Nya, artinya seorang muslim percaya dan yakin bahwa Allah SWT telah mengutus para nabi dan rasul untuk mensyiarkan ajaran Islam kepada umatnya.
  • Beriman kepada hari kiamat, artinya seorang muslim percaya dan yakin bahwa Allah SWT telah merencanakan hari akhir bagi seluruh semesta alam, dan tidak seorang pun mengetahui kapan hari itu akan datang.
  • Beriman Kepada Qadha dan Qadhar, artinya seorang muslim percaya dan yakin bahwa setiap hal yang terjadi di dunia ini adalah kehendak dan kuasa dari Allah SWT. Seorang muslim harus menerima dengan lapang dada semua ketentuan-Nya, baik yang bagi kita baik ataupun kurang baik.

Check Also

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV!

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV! Jawaban Persekutan komanditer atau CV adalah salah satu bentuk dari …