Lagu yang dinyanyikan dalam tempo sedang dan cepat biasanya dinyanyikan dengan ekspresi?

Lagu yang dinyanyikan dalam tempo sedang dan cepat biasanya dinyanyikan dengan ekspresi?

Jawaban

Lagu yang dinyanyikan dalam tempo sedang dan tepat dinyanyikan dalam ekspresi yang gembira dan semangat.

Pembahasan

Lagu merupakan gubahan seni nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan gubahan musik yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan. Dan ragam nada atau suara yang berirama disebut juga dengan lagu. Lagu dapat dinyanyikan secara solo, berdua, bertiga atau dalam beramai-ramai.

Ekspresi dalam bernyanyi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang penyanyi terkait dengan bagaimana suatu lagu harus dinyanyikan sesuai dengan jiwa dari lagu tersebut, melalui penggunaan warna suara, dinamika, tempo, serta mimik yang sesuai dan bersinergi.

Dalam istilah musik, Tempo adalah kecepatan dalam birama lagu. Tempo dapat diukur dengan metronom. Tempo ditulis dengan ketuk per menit atau dengan istilah-istilah tempo. Panjang ketukan ditunjukkan dengan tanda birama, contohnya dalam ketukannya akan bernilai not seperempat.

Ekspresi penyanyi akan mempermudah menghantarkan pesan lagu kepada para pendengarnya. Dengan tegas, lagu sedih harus dengan ekspresi, serta mimik wajah yang sedih. Sebaliknya, lagu riang harus dinyanyikan dengan penuh ekspresi suka ria. Menyanyi juga butuh ketepatan dan keunikan.

Check Also

Pada tanggal 28 oktober 1928 peserta kongres pemuda mengucapkan ikrar

Pada tanggal 28 oktober 1928 peserta kongres pemuda mengucapkan ikrar Jawaban Kongres pemuda yang dilaksanakan pada …