Bangsa barat yang pertama kali datang dan bersekutu dengan Ternate adalah?

Bangsa barat yang pertama kali datang dan bersekutu dengan Ternate adalah?

Jawaban

Bangsa Barat yang pertama kali datang ke Indonesia yang kemudian bersekutu dengan kerajaan Ternate adalah bangsa Portugis. Jejak ini diikuti oleh bangsa Spanyol yang dimana berhasil mendarat di Maluku pada tahun 1521 yang kemudian mengadakan persekutuan dengan kerajaan Tidore. Dua bangsa ini sudah berhadapan, namun belum terjadi perang. Adapun untuk menyelesaikan persaingan antara Portugis dan Spanyol pada tahun 1529 maka diadakan perjanjian Saragosa.

Pembahasan

Portugis merupakan salah satu bangsa Eropa pertama yang datang ke Indonesia. Portugis pertama kali datang ke Indonesia dan mendarat di Selat Malaka. Afonso de Albuquerque yang merupakan pemimpin Portugis di India, mengirim arama untuk dapat menaklukkan Malaka, pusat perdagangan rempah – rempah pada saat itu yakni pada tahun 1511. Setelah menguasai Malaka, maka bangsa Portugis langsung mengirimkan kapal pada tahun 1512 yang dimana dipimpin oleh Antonio de Abreu dan Francisco Serrao dalam pelayaran ke Maluku, yang dimana merupakan asal muasal dari rempah – rempah.

Portugis diberi ijin untuk dapat berdagang di Ternate oleh Sultan Ternate, sehingga pasukan Portugis yang dimana dipimpin oleh Antonio de Azevedo dapat membangun benteng atau feitoria di Bacan, dan Ternate.

Akan tetapi, hubungannya dengan Ternate menjadi buruk. Hal ini disebabkan keinginan Portugis dalam menguasai sepenuhnya perdagangan rempah – rempah. Dan pada akhirnya, Gubernur Lopez de Mesquita membunuh Sultan Khairun pada tanggal 25 Februari 1570. Anak Sultan Khairun, Sultan Baabullah akan melawan Portugis dalam peperangan selama 5 tahun berikutnya dan berhasil mengusir Portugis dari bumi Maluku untuk selamanya pada tahun 1575.

Check Also

Sebutkan menu-menu yang terdapat di Microsoft Word

Sebutkan menu-menu yang terdapat di Microsoft Word Dalam microsoft word, terdapat beberapa menu yang dapat digunakan oleh seorang …