The children ______live down the street in the yellow house are always polite.

The children ______live down the street in the yellow house are always polite.

Jawaban

Kata ganti relatif (relative pronoun) adalah kata yang menerangkan kata benda (noun) dan menghubungkan kalimat/klausa satu dengan kalimat/klausa lainnya. Subjek pada kalimat tersebut adalah “The children”, hal ini menunjukkan bahwa kata ganti relatif yang sesuai adalah “who“. Kalimat utuh yang tepat yaitu “The children who live down the street in the yellow house are always polite.” (Anak-anak yang tinggal di jalan di rumah kuning itu selalu sopan.)

Pembahasan

Pada teks soal diperintahkan untuk mengisi bagian rumpang pada kalimat dengan kata yang tepat dan benar. Untuk menentukan kata yang sesuai, maka kita harus memahami maksud dari kalimat tersebut. Berikut ini merupakan terjemahan dari kalimat rumpang agar kita dapat memahami maksud dari kalimat :

The children ___ live down the street in the yellow house are always polite. (Anak-anak ___ tinggal di jalan di rumah kuning itu selalu sopan.)

Kalimat pada teks soal terdiri dari dua klausa, yang mana pada salah satu klausanya, terdapat bagian rumpang yang harus diisi dengan kata ganti relatif (relative pronoun) yang sesuai. Kata ganti relatif (relative pronoun) adalah kata yang menerangkan kata benda (noun) dan menghubungkan kalimat/klausa satu dengan kalimat/klausa lainnya. Relative pronoun terdiri dari : who, whom, which, whose, dan that. Subjek pada kalimat tersebut adalah “The children”, hal ini menunjukkan bahwa kata ganti relatif yang sesuai adalah “who”Kata ganti “who berfungsi untuk menggantikan subjek yang berupa orang (bukan benda). Jika diterjemahkan, maka “who” yang berperan sebagai kata ganti mempunyai arti “yang”. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat diketahui bahwa kata ganti relatif yang sesuai untuk melengkapi bagian rumpang pada kalimat adalah “who” sehingga kalimat utuhnya menjadi “The children who live down the street in the yellow house are always polite.” (Anak-anak yang tinggal di jalan di rumah kuning itu selalu sopan.)

Check Also

Jelaskan cara penggambaran watak tokoh dalam cerita!

Jelaskan cara penggambaran watak tokoh dalam cerita! Jawaban Pengarang pastinya pengin ceritanya tersampaikan dengan baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published.