Pada badan usaha persekutuan, ada yang berbentuk CV, tugas utama sekutu aktif pada CV adalah?

Pada badan usaha persekutuan, ada yang berbentuk CV, tugas utama sekutu aktif pada CV adalah?

Jawaban

Tugas utama sekutu aktif pada CV (Commanditaire Vennootschap) atau Persekutuan Komanditer yaitu :

  1. Melaksanakan perusahaan, kepengurusan, dan menjalankan perjanjian atau hubungan hukum dengan pihak ketiga.
  2. Bertanggung jawab sampai harta kekayaannya atau dengan kata lain sampai pada harta kekayaan pribadi

Pembahasan

CV (Commanditaire Vennootschap) atau Persekutuan Komanditer merupakan suatu bentuk badan usaha berupa persekutuan yang didirikan oleh dua orang atau lebih dimana sebagian para anggotanya mempunyai tanggung jawab yang tak terbatas dan sebagian anggota lainnya mempunyai tanggung jawab yang terbatas. CV terdiri atas dua sekutu, salah satunya adalah sekutu aktif yang yang bertanggung jawab melaksanakan perusahaan dan bertanggung jawab sampai harta pribadi jikalau perusahaan mengalami kerugian. Sekutu lainnya selain sekutu aktif yakni sekutu pasif. Sekutu pasif bertanggung jawab sebatas modal yang disetorkan dan tidak berkewenangan untuk melakukan intervensi dalam pimpinan.

Pada dasarnya, KUH Dagang tidak menerangkan peraturan terkait proses pendirian CV, sehingga badan usaha dapat didirikan hanya dengan perjanjian yang sifatnya lisan atau kesepakatan dari satu pihak, sebagaimana tersebut dalam KUH Dagang Pasal 22.  Namun dalam praktik yang berlangsung di Indonesia mengharuskan CV didirikan dengan adanya akta pendirian oleh notaris. Akta kemudian didaftarkan di kantor Pengadilan Negeri setempat dan tertulis serta diumumkan di Tambahan Berita Negara, seperti ketika membangun badan usaha firma.

Check Also

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV!

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV! Jawaban Persekutan komanditer atau CV adalah salah satu bentuk dari …