Keberhasilan rekayasa genetik menghasilkan tumbuhan unggul dan pengembangan hasilnya terus-menerus telah meningkatkan kekuatiran banyak kalangan , terutama ahli Biologi karena?

Keberhasilan rekayasa genetik menghasilkan tumbuhan unggul dan pengembangan hasilnya terus-menerus telah meningkatkan kekuatiran banyak kalangan , terutama ahli Biologi karena?

Jawaban

Keberhasilan rekayasa genetik menghasilkan tumbuhan yang unggul dan pengembangan hasilnya yang terus-menerus telah meningkatkan kekuatiran banyak kalangan, terutama ahli biologi karena dapat menurunkan plasma nutfah. Hal ini menyebabkan organisme lokal punah.

Pembahasan

Rekayasa genetik merupakan modifikasi dari suatu organisme dengan manipulasi genetik. Rekayasa genetik menggunakan DNA dan transformasi gen untuk menciptakan sebuah variasi yang baru. Rekayasa genetik dapat dilakukan pada tumbuhan, hewan, bahkan pada manusia. Manfaat dari rekayasa genetik adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan manusia, seperti menyediakan kebutuhan pangan dengan kualitas yang lebih baik, serta penggunaan peptisida atau bahan kimia yang lebih sedikit. Contoh tumbuhan yang merupakan hasil dari rekayasa genetik adalah Tomat ungu, Grapple, Pluots, Cucamelon, dan lain-lain.

Dampak positif dari adanya rekayasa genetik, diantaranya yaitu:

  1. Tanaman yang merupakan hasil rekayasa genetik akan bertahan lebih lama serta peningkatan hasil panen.
  2. Tanaman yang merupakan hasil rekayasa genetik juga dapat terhindar dari serangan hama atau penyakit tertentu.
  3. Virus yang merupakan hasil modifikasi dapat digunakan dalam terapi gen yang dapat menyembuhkan penyakit manusia.
  4. Insulin sintetis diproduksi karena dapat digunakan untuk perawatan penyakit diabetes.

Check Also

Arti penting surat perintah sebelas maret 1966 yang kemudian di sebut supersemar merupakan?

Arti penting surat perintah sebelas maret 1966 yang kemudian di sebut supersemar merupakan? Jawaban Surat …