Jelaskan yang termasuk dalam faktor pendorong nasionalisme dari luar Indonesia pada awal pergerakan nasional!

Jelaskan yang termasuk dalam faktor pendorong nasionalisme dari luar Indonesia pada awal pergerakan nasional!

Jawaban

Faktor pendorong nasionalisme diluar Indonesia pada awal pergerakan nasional, antara lain:

  1. Kemenangan Jepang terhadap Rusia (1905), merupakan telah berhasil menyadarkan bangsa-bangsa di dunia yang akan kemampuan diri. Dengan demikian, bangsa-bangsa Eropa saat berabad-abad dianggap sebagai bangsa yang tidak dikalahkan ternyata dapat dikalahkan. Hal ini mengetahui bahwa kemenangan Jepang tersebut berhasil menggugah kesadaran bangsa-bangsa Asia dalam melawan penjajah bangsa-bangsa Eropa.
  2. Nasionalisme Turki (1908), merupakan dengan adanya pembaharuan bahkan modernisasi dalam berbagai sektor kehidupan masyarakat. Dengan demikian ada sebab-sebab timbulnya nasionalisme Turki, yaitu dengan kekuasaan Turki Usmania yang semakin merosot. dengan adanya pengaruh revolusi Prancis dan dengan timbulnya kaum terpelajar yang berpaham modern.
  3. Gerakan nasionalis rakyat cina, merupakan dengan muculnya nasionalisme di Cina yang disebabkan oleh hal-hal yaitu dimana pemerintahan Dinasti Manchu dianggap kolot bahkan bobrok dengan berbagai korupsi maupun pemborosan, kelelahan Cina dalam Perang Cina bahkan Jepang, lenyapnya kepercayaan rakyat Cina terhadap dinasti Manchu dan dengan munculnya kaum intelektual Cina.

Pembahasan

Nasionalisme merupakan salah satu hal yang paham kebangsaan yang tumbuh dikarenakan adanya persamaan nasib bahkan sejarah dan kepentingan dalam hidup bersama sebagai suatu bangsa yang mendekat, bersatu, berdaulat, demokratis bahkan maju dalam satu kesatuan bangsa dan negara serta cita-cita bersama guna mencapai, memelihara bahkan mengabdi identitas, persatuan, kemakmuran maupun kekuatan atau kekuasaan negara bangsa yang bersangkutan.

Ada beberapa tujuan nasionalisme, antara lain:

  1. Untuk menjamin kemauan dan kekuatan yang mempertahankan masyarakat nasional melawan musuh dari luar sampai melahirkan semangat rela berkorban.
  2. Untuk menghilangkan Ekstremisme atau tuntutan yang berlebih dari warga negara atau individu atau kelompok.

Check Also

Arti penting surat perintah sebelas maret 1966 yang kemudian di sebut supersemar merupakan?

Arti penting surat perintah sebelas maret 1966 yang kemudian di sebut supersemar merupakan? Jawaban Surat …