Penegakan hukum senantiasa dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. upaya yang dapat dilakukan dalam menanamkan sikap sadar hukum untuk menegakkan hukum, yaitu?

Penegakan hukum senantiasa dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. upaya yang dapat dilakukan dalam menanamkan sikap sadar hukum untuk menegakkan hukum, yaitu?

Jawaban

Upaya yang dapat dilakukan dalam menanamkan sikap sadar hukum untuk menegakkan hukum, yaitu:

  1. Menanamkan kesadaran hukum pada anak sejak kecil.
  2. Meningkatkan pengetahuan tentang hukum.
  3. Melakukan sosialisasi mengenai kesadaran hukum.
  4. Memberikan ganjaran bagi pihak yang melanggar hukum.
  5. Memberikan teladan kepada masyarakat agar memiliki kesadaran hukum.

Pembahasan

Kesadaran hukum merupakan faktor penting didalam hukum. Kesadaran akan hukum berarti kesadaran akan perlindungan kepada manusia. Karena hukum bersifat melindungi kepentingan manusia. Setiap manusia memerlukan perlindungan, dan perlindungan akan tercapai jika hukum dapat ditegakkan dengan baik.

Terdapat indikator-indikator kesadaran hukum menurut Soerjono Soekanto, diantaranya:

  1. Indikator pertama adalah pengetahuan hukum. Perilaku setiap manusia diatur oleh hukum, baik hukum tertulis maupun yang tidak tertulis, sehingga perlunya seseorang mengetahui tentang hukum
  2. Indikator kedua adalah pemahaman hukum. Setelah mempunyai pengetahuan akan hukum, perlunya mempunyai untuk memahami tentang hakikat hukum itu sendiri.
  3. Indikator ketiga adalah sikap hukum. Sikap hukum yang dimaksud adalah menghargai hukum yang ada karena bermanfaat jika ditaati. Sikap hukum merupakan penilaian dari individu atau warga negara.
  4. Indikator keempat adalah perilaku hukum. Perilaku hukum yang baik adalah menaati hukum yang berlaku. Perilaku hukum merupakan indikator yang penting dalam kesadaran hukum.

Agar hukum tersebut benar berfungsi secara efektif dalam masyarakat, maka perlu faktor yang mendukung, yaitu:

  1. Hukum dan peraturannya.
  2. Petugas penegak hukum.
  3. Fasilitas yang menunjang dalam pelaksanaan hukum.
  4. Masyarakat dalam ruang lingkup peraturan hukum.

Check Also

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh pemiliknya dan kapasitas mobil masing-masing adalah lima orang termasuk pengemudi. Banyak cara menyusun penumpang di kedua mobil tersebut adalah

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh …