Pada masa mempertahankan kemerdekaan Indonesia, banyak pertempuran terjadi. salah satunya adalah pertempuran Ambarawa di daerah Jawa Tengah. Pertempuran di Ambarawa terjadi karena?

Pada masa mempertahankan kemerdekaan Indonesia, banyak pertempuran terjadi. salah satunya adalah pertempuran Ambarawa di daerah Jawa Tengah. Pertempuran di Ambarawa terjadi karena?

Jawaban

Pertempuran di Ambarawa terjadi karena sekutu ingkar janji pada kesepakatan sehingga terjadi pertempuran Ambarawa pasukan TKR melawan sekutu.

Pembahasan

Pertempuran Ambarawa merupakan suatu pertempuran yang terjadi antara Tentara Indonesia dengan Tentara Inggris. Dengan demikian, peristiwa ini terjadi antara 20 Oktober hingga 15 Desember 1945 di Ambarawa letaknya di Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Hal ini dimulai saat pasukan sekutu bahkan NICA maupun Pemerintah Sipil Hindia Belanda yang dimulai mempersenjatai dalam tawanan peran Belanda di Ambarawa dan Magelang. Dengan demikian, melalui perundingan yang dicapai dalam kesepakatan, antara lain:

  1. Dalam pihak Inggris yang tetap menempatkan dalam pasukannya di Magelang dalam melakukan kewajibannya melindungi bahkan mengurus evakuasi APW.
  2. Pada jalan raya Magelang Ambarawa terbuka bagi lalu lintas Indonesia dan Inggris.
  3. Hal ini Inggris tidak akan mengakui aktivitas NICA dalam badan-badan yang berada di bawah kekuasaannya.

Hal ini dilancarkan serangan terakhir, antara lain:

  1. Pada serangan pendadakan yang dilakukan serentak dari semua sektor.
  2. Pada tiap-tiap komandan sektor memimpin serangan.
  3. Dengan pasukan badan-badan perjuangan atau laskar disiapkan sebagai tenaga cadangan.
  4. Pada serangan akan dimulai pada 12 Desember.

Check Also

Jelaskan cara penggambaran watak tokoh dalam cerita!

Jelaskan cara penggambaran watak tokoh dalam cerita! Jawaban Pengarang pastinya pengin ceritanya tersampaikan dengan baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published.