Jika suatu ekosistem air tawar tercemar insektisida kadar terbesar penimbunan bahan pencemar terdapat pada?

Jika suatu ekosistem air tawar tercemar insektisida kadar terbesar penimbunan bahan pencemar terdapat pada?

Jawaban

Suatu sistem ekosistem air tawar jika tercemar insektisida, kadar paling besar penimbunan bahan pencemar akan terdapat pada ikan besar. Pada saat terjadi pencemaran insektisida pada ekosistem air tawar, maka kadar terbesar terdapat pada konsumen terakhir atau bisa juga disebut konsumen puncak, dalam hal ini adalah ikan besar.

Pembahasan

Urutan ekosistem pada air tawar adalah sebagai berikut: fitoplankton – zooplankton – ikan kecil – ikan besar. Pada saat terjadi pencemaran insektisida pada ekosistem air tawar, maka kadar terbesar terdapat pada konsumen terakhir atau bisa juga disebut konsumen puncak, dalam hal ini adalah ikan besar.

Ekosistem merupakan suatu hubungan atau interaksi antara faktor makhluk hidup (biotik) dan makhluk tidak hidup (abiotik). Ekosistem air tawar atau kerap disebut ekosistem akuatik memiliki kadar konsentrasi garam yang rendah, terbentuk dari sumber mata air bawah tanah.

Terdapat dua bentuk ekosistem air tawar, yaitu habitat lotik dan habitat lentik.

  • Habitat lotik

Habitat ini merupakan habitat air berarus, yang airnya terus bergerak. Contohnya yaitu sungai yang bersumber dari mata air bawah tanah, mancairnya es di daratan atau tetesan air hujan

  • Habitat lentik

Habitat lentik merupakan habitat air yang tidak memiliki arus atau dalam artian pergerakan airnya cenderung tenang.  Habitat ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu zona litoral atau zona fotik, zona limnetik dan zona profundal atau zona afotik.

Check Also

Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari Jawaban Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah Beriman, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.