Dalam berpikir strategis, ada tiga pertanyaan strategis yang harus dijawab, apa saja itu? Jelaskan!

Dalam berpikir strategis, ada tiga pertanyaan strategis yang harus dijawab, apa saja itu? Jelaskan!

Jawaban

Tiga pertanyaan yang harus dijawab secara tuntas untuk membangun cara berpikir strategis diantaranya yaitu:

  1. Bagaimana situasi keuangan dan kondisi secara menyeluruh perusahaan saat ini?
  2. Apa arah dan tujuan yang ingin diperoleh perusahaan?
  3. Apa tahapan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas daya kerja perusahaan untuk mencapai kemajuan perusahaan?.

Pembahasan

Berpikir strategis merupakan suatu konsep atau cara yang dilakukan oleh pemimpin dalam menetapkan keputusan untuk memajukan perusahaan, ada dua macam bentuk strategi perusahaan yang pertama strategi korporasi yaitu strategi yang terfokus pada model visi, misi, tujuan, dan peluang bisnis. Sedangkan strategi yang kedua yaitu strategi tingkat unit adalah suatu usaha yang dilakukan perusahaan untuk mencapai titik kesuksesan seperti didirikannya cabang-cabang perusahaan dengan layanan, produk yang sama kualitasnya. Bila dihubungkan dengan adanya beberapa cara untuk menentukan cara berpikir strategi yaitu:

  1. Merumuskan pertanyaan salah satunya yaitu menanyakan tentang kondisi atau situasi yang sedang dihadapi oleh perusahaan misalnya kendala dibidang kelayakan produk,  jumlah modal yang ada untuk memperpanjang usaha ada pula masalah perusahaan dibidang pelayanan sehingga banyak konsumen yang kecewa dengan dua faktor tersebut untuk mengatasi masalah ini perusahaan perlu melakukan inovasi dan kefokusan terhadap masalah yang sedang muncul seperti menyeleksi dan memperketat jasa perusahaan sehingga dapat memberikan kesan dan layanan yang baik.
  2. Pertanyaan kedua yaitu tentang arah yang ingin dicapai misalnya target usaha jilbab dalam satu hari lalu terjual sampai 200 jilbab untuk memajukan bisnis jilbab ini perlu target tinggi sebagai modal motivasi sehingga dapat dilihat berapa perhari peningkatan penjualan jilbab tersebut.
  3. Pertanyaan ketiga yaitu tentang tahapan atau solusi yang dilakukan untuk memajukan bisnis tersebut misalnya melakukan strategi penjualan secara online, memberikan kualitas yang bagus sesuai harga jual.

Check Also

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV!

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV! Jawaban Persekutan komanditer atau CV adalah salah satu bentuk dari …