Jelaskan apa yang anda ketahui tentang Downstream, serta jabarkan contoh aktifitas utama dari Downstream!

Jelaskan apa yang anda ketahui tentang Downstream, serta jabarkan contoh aktifitas utama dari Downstream!

Jawaban

Downstream adalah kegiatan lanjutan dari upstream, yaitu kegiatan mengolah bahan mentah, baik itu minyak ataupun gas menjadi bahan jadi. Downstream juga dapat diartikan sebagai sektor hilir, dimana kegiatan utama downstream adalah penyulingan minyak mentah dan proses pemurnian gas alam, hingga ke kegiatan mendistribusikan barang jadi tersebut dan menjualnya ke konsumen.

Penjelasan

Terdapat dua istilah dalam kegiatan minyak dan gas bumi (oil and gas), yaitu upstream dan downstream.

Upstream yang dapat diartikan sebagai industri hulu, merupakan kegiatan produksi dengan cara melakukan eksplorasi (pencairan sumber) dan ekstraksi. Kegiatan eksplorasi ini termasuk seperti mencari sumber minyak dan gas bumi menggunakan teknik-teknik tertentu. Sementara kegiatan ekstraksi seperti proses mengeluarkan minyak dan gas dari dalam bumi ke permukaan. Jadi, inti dari kegiatan upstream ini hanya berupa melakukan pencairan ladang minyak dan mengeluarkannya dari dalam bumi.

Downstream merupakan kegiatan mengolah bahan mentah minyak atau gas bumi tadi menjadi bahan jadi. Kemudian mendistribusikannya untuk dijual ke konsumen.

Intinya, upstream berkaitan dengan pencarian dan penemuan oil and gas sementara downstream berkaitan dengan pengolahan, pendistribusian dan penjualan bahan jadi dari oil and gas.

Check Also

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu?

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu? Jawaban Berikut ini dua macam pembagian ekspresi menurut …

Leave a Reply

Your email address will not be published.