Blue moon adalah peristiwa yang terjadi ketika dalam satu bulan terjadi 2 kali bulan purnama bagaimana peristiwa ini dapat terjadi?

Blue moon adalah peristiwa yang terjadi ketika dalam satu bulan terjadi 2 kali bulan purnama bagaimana peristiwa ini dapat terjadi?

Jawaban

Blue moon atau fenomena bulan berwarna biru dapat terjadi dikarenakan kondisi atmosfer. Adanya abu vulkanik, kabut asap, droplet di udara ataupun jenis awan tertentu menyebabkan bulan tampak berwarna kebiruan.

Pembahasan

Fenomena blue moon atau bulan biru terjadi karena akibat kondisi atmosfer yang kotor. Contoh polutan tersebut yaitu abu vulkanik, kabut asap, droplet di udara, atau jenis awan tertentu di permukaan atmosfer yang dapat menyebabkan bulan purnama menjadi berwarna kebiruan. Fenomena blue moon sangat jarang sekali muncul dan kemunculannya tidak memiliki hubungan dengan periode kalender, bulan ataupun musim. Di Indonesia, kemunculan blue moon atau bulan biru terjadi pada 22 Agustus 2021. Fenomena blue moon ini biasanya terjadi setiap dua atau tiga tahun sekali. Penampakan blue moon juga tidak selalu berwarna biru. Itu terjadi karena banyaknya kandungan material kandungan uap air, polutan udara, hasil pembakaran atau asap pabrik dan kendaraan bermotor, debu, abu vulkanik yang jika semakin banyak maka bulan akan tampak semakin gelap.

Check Also

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu?

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu? Jawaban Berikut ini dua macam pembagian ekspresi menurut …

Leave a Reply

Your email address will not be published.