Salah satu karakteristik dari informasi yang baik adalah?

Salah satu karakteristik dari informasi yang baik adalah?

Jawaban

Salah satu karakteristik informasi tersebut baik atau tidak untuk dikonsumsi oleh publik dapat dilihat dari karakteristiknya sendiri yang terdapat dibawah ini:

  1. Adanya hubungan sebab akibat dari informasi tersebut.
  2. Data atau fakta yang dipaparkan dalam informasi tersebut harus akurat.
  3. Informasi harus memiliki implementasi atau bersifat relevan bagi para pembacanya dalam berbagai bidang tertentu.
  4. Informasi harus selalu ada dalam setiap masalah.

Pembahasan

Informasi adalah suatu hasil bentuk tindakan yang telah diolah dari beberapa fakta-fakta yang disusun dalam sebuah analisis  data penelitian kuantitatif ataupun penelitian  yang bersifat kualitatif. Setelah proses tindakan pengolahan data maka terbentuk suatu informasi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dalam berbagai sisi dikarenakan suatu informasi tersebut sudah diolah sedemikian rupa sesuai fakta atau kenyataan yang ada di lapangan.

Namun disamping itu banyak informasi yang kurang mampu membantu masyarakat atau pembacanya untuk memahami isi bacaan tersebut karena dinilai isi atau fakta yang dilampirkan masih membuat pembaca merasa ada beberapa yang tidak sesuai fakta atau dengan kata lain isi informasi tersebut hoax atau tidak sesuai kenyataan di lapangan untuk itu pembaca perlu memperhatikan karakteristik suatu informasi yang baik diantaranya:

  1. Adanya hubungan sebab akibat hal ini dimaksudkan suatu informasi tersebut dibuat dikarenakan adanya penemuan masalah yang ada di lapangan misalnya kasus pelanggaran HAM untuk itu masyarakat perlu memahami makna HAM dan bentuk-bentuk pelanggarannya sebagai teguran atau peringatan untuk tidak melakukan kejahatan terkait pelanggaran HAM.
  2. Data atau fakta harus akurat hal ini dapat dipertanggung jawabkan tidak ada kecurangan atau kebohongan dalam data yang dilampirkan misalnya masyarakat yang terpapar covid 19 di Indonesia berjumlah 1234 orang data ini benar-benar sesuai fakta dan data di lapangan.
  3. Adanya manfaat yang diperoleh pembaca atau isi informasi memiliki nilai relevan.
  4. Informasi tidak boleh hilang dalam beberapa kejadian hal ini menekankan kesiagaan informasi harus terus berjalan hal ini berguna untuk pengetahuan diri masyarakat serta beberapa hal yang dinilai dapat membantu masyarakat dalam menghadapi maslah yang sama dengan informasi yang diterima.

Check Also

Adakah pembamgkit listrik tenaga air di daerahmu

Adakah pembamgkit listrik tenaga air di daerahmu Di daerah saya ada satu pembangkit listrik tenaga …