Contoh cerita fabel singkat dengan 3 tokoh

Contoh cerita fabel singkat dengan 3 tokoh

Jawaban

Cerita Fabel 3 Tokoh

Judul : Monyet Pencuri Buah

Bagian Orientasi : Pada zaman dahulu, hiduplah tiga teman yaitu Kucing, Siput dan Monyet. Siput dan Monyet tinggal satu atap, sedangkan Kucing sendirian. Kucing memiliki kebun yang berada di belakang rumahnya.

Bagian Komplikasi : Karena kebun milik Kucing sudah dalam masa panen, akhirnya Monyet bersiasat untuk mencuri beberapa buah yang terdapat di kebun milik Kucing. Monyet mengajak serta Siput untuk mencuri buah di kebun Kucing bersama. Siput yang tidak ingin mencuri itupun lantas berkata “Monyet apakah kau tidak memikirkan apa yang akan Kucing pikirkan jika mengetahui kau mencuri buah di kebunnya?”. Monyet yang tidak peduli itu tidak menghiraukan apa yang dikatakan oleh Siput. Siput yang sudah mengetahui rencana Monyet, menghampiri Kucing dan mengatakan segalanya. Kucing yang tidak ingin itu terjadi, lantas mengajak Siput untuk membuat sebuah lubang sebagai jebakan untuk Monyet. Malam haripun tiba, saatnya Monyet menjalankan aksinya. Tanpa sepengetahuan Monyet, Kucing dan Siput sudah membuat lubang yang cukup dalam untuknya. Monyet yang tidak melihat jalan, terjatuh ke dalam lubang yang dibuat oleh Kucing dan Siput.

Bagian Resolusi : “Toloonggg…” Teriak Monyet yang sudah terjebak di dalam lubang. “Rasakan itu Monyet!” sahut Kucing yang merasa senang. “M..ma..maafkan Aku Kucing, Aku akan berjanji untuk tidak mencuri buah-buahanmu, tapi tolong keluarkan Aku terlebih dahulu” cakap Monyet yang sudah pasrah. “Baiklah, Aku akan mengeluarkanmu dari sini, namun Kau harus menepati janji mu” sahut Kucing. “Baiklah Kucing” cakap Monyet. Akhirnya Kucing yang dibantu eh Siput menarik Monyet untuk keluar dari lubang tersebut. Monyetpun selamat dan tidak mengulangi perbuatannya tersebut.

Bagian Koda : Nah.. Hikmah yang dapat Kita ambil dari cerita tersebut adalah bahwa sebagai makhluk hidup janganlah Kita mengambil hak milik orang lain. Dengan mengambil hak orang lain tersebut, tidak akan memberikan keuntungan bagi kita.

Pembahasan

Fabel adalah cerita yang menceritakan kehidupan binatang yang memiliki sifat layaknya manusia. Karakter binatang dalam cerita fabel dianggap mewakili karakter manusia dan diceritakan mampu untuk bertindak seperti manusia tanpa menghilangkan karakter dari binatangnya.

Struktur Teks Fabel =

  • Orientasi, yaitu bagian dalam cerita yang berisi pengenalan tokoh, watak, latar tempat, serta pengenalan waktu.
  • Komplikasi, yaitu bagian mulainya masalah antara para tokoh.
  • Resolusi, yaitu bagian penyelesaian masalah yang telah terjadi pada bagian komplikasi sebelumnya.
  • Koda, yaitu bagian pesan yang dapat dipetik dari cerita fabel tersebut.

Check Also

Kongres pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan?

Kongres pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan? Jawaban Kongres Pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan Perhimpunan Pelajar-Pelajar …