Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan, diatur pada pasal?

Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan, diatur pada pasal?

Jawaban

Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak diatur dalam pasal 27 ayat 2 dengan bunyi “Tiap-tiap warga Negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan”

Penjelasan

Hak adalah kuasa untuk melakukan dan menerima  suatu yang semestinya dilakukan dan diterima oleh pihak tertentu. Sebagai seorang warga negara harus tahu kewajiban dan hak-haknya. Pasal 27 ayat 2 tersebut memuat jaminan bagi semua orang untuk mendapatkan pekerjaan dan memiliki kehidupan yang layak bagi kemanusiaan. Di negara Indonesia, tidak ada larangan untuk bekerja pada setiap orang, dari menjadi karyawan kantor atau pabrik, guru, dokter, sampai menjadi presiden semua diperbolehkan namun hak untuk memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang layak sering dikesampingkan atau kurang diperhatikan. Salah satu faktornya adalah keserakahan manusia, dengan modal sogokan agar mendapatkan pekerjaan atau menghalalkan segala cara agar dapat diterima.

Check Also

Jelaskan cara penggambaran watak tokoh dalam cerita!

Jelaskan cara penggambaran watak tokoh dalam cerita! Jawaban Pengarang pastinya pengin ceritanya tersampaikan dengan baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published.