Sebutkan 2 manfaat dari hidup bersatu dalam keberagaman!

Sebutkan 2 manfaat dari hidup bersatu dalam keberagaman!

Jawaban

Manfaat dari hidup bersatu dalam keberagaman suku dan bangsa adalah:

  1. Terciptanya kerukunan
  2. Memiliki banyak teman dan pengetahuan

Pembahasan

Masyarakat  Indonesia memiliki banyak bentuk keberagaman. Bangsa Indonesia memiliki banyak kekayaan seperti warisan budaya, adat istiadat, budaya dan suku serta sumber daya alam. Semua kekayaan ini termasuk warisan sejarah yang memiliki nilai dan nilai sebagai  identitas bangsa Indonesia. Keberagaman ini merupakan identitas yang unik dan unik yang dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi keberlangsungan kehidupan masyarakat  Indonesia. Alasannya agar bisa menarik bagi orang lain dan wisatawan asing. Keanekaragaman dalam masyarakat Indonesia memiliki banyak bentuk.

  1. Keberagaman agama. Perlu dicatat bahwa Indonesia adalah negara yang religius. Setidaknya hingga saat ini, Indonesia memiliki enam agama  yang diakui, diterima secara hukum  atau diterima oleh masyarakat. Enam agama hukum dan negara adalah Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu.
  2. Adat istiadat. Keberagaman masyarakat Indonesia membentuk adat. Ada berbagai macam adat istiadat yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Misalnya dalam kaitannya dengan kaidah musyawarah dan mufakat dalam pelaksanaan nilai dan norma dalam masyarakat. Itu telah diturunkan dari generasi ke generasi dalam silsilah semua generasi atau  masyarakat. Adat-istiadat tersebut juga berupa perbuatan, tata krama dan martabat yang telah dilakukan secara turun temurun dalam segala generasi.
  3. Keanekaragaman suku. Peninggalan sejarah  bangsa Indonesia dalam keragaman suku tentu unik. Bahkan berbagai suku yang ada  memberikan keistimewaan eksistensi Indonesia di mata dunia.

Check Also

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama!

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama! Jawaban Menurut pendapat …