Menerima dan meneruskan rangsangan cahaya ke saraf pusat adalah

Menerima dan meneruskan rangsangan cahaya ke saraf pusat adalah

Jawaban

Menerima dan meneruskan rangsangan cahaya ke saraf pusat adalah saraf mata. Saraf mata mempunyai fungsi meneruskan rangsangan cahaya yang telah diterima. Rangsangan cahaya tersebut diteruskan ke susunan saraf pusat yang terletak di otak.

Penjelasan

Bagian-bagian bola mata yang berkaitan dengan fungsi penglihatan yaitu

1. Kornea

Kornea penting untuk ketajaman penglihatan, dimana kornea mempunyai fungsi untuk meneruskan cahaya yang masuk ke mata. Cahaya tersebut diteruskan ke bagian mata yang lebih dalam dan berakhir pada retina. Sifat dari kornea yaitu : tidak berwarna (bening) & tidak memiliki pembuluh darah. Kebutaan dapat dialami jika ada kerusakan pada kornea mata.

2. Iris

Letak iris berada di  tengah-tengah bola mata dan di belakang kornea. Iris merupakan suatu jaringan yang terdapat banyak pembuluh darah.

3. Pupil

Fungsi dari pupil adalah untuk mengatur banyak dan sedikitnya cahaya yang masuk ke mata sehingga sesuai dengan kebutuhannya. Jika cahaya terlalu banyak maka pupil akan mengecil dan jika cahaya terlalu sedikit maka pupil membesar.

Check Also

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV!

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV! Jawaban Persekutan komanditer atau CV adalah salah satu bentuk dari …