Sebutkan kelebihan dan kekurangan usaha yang dikelola sendiri!

Sebutkan kelebihan dan kekurangan usaha yang dikelola sendiri!

Jawaban

Usaha yang dikelola sendiri memiliki banyak keuntungan, antara lain:

  1. Manfaat bisa dinikmati sendiri.
  2. Kebebasan dalam pengembangan usaha.
  3. Tidak mengandalkan orang lain untuk transaksi komersial.

Namun, menjalankan bisnis sendiri memiliki beberapa kelemahan, antara lain:

  1. Salah satu pengembangan usaha terbatas pada modal.
  2. Kekurangan akan tenaga kerja
  3. Satu-satunya risiko kerugian ditanggung.

Pembahasan:

Usaha adalah kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan keuntungan secara terus menerus. Yang dimaksud dengan usaha ekonomi biasanya adalah  kegiatan yang dilakukan oleh individu atau masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Secara umum, usaha ekonomi Indonesia terdiri dari dua jenis usaha, yaitu usaha yang dikelola sendiri dan korporasi kelompok. Jenis usaha yang dikelola sendiri adalah korporasi yang dijalankan oleh seorang individu. Bisnis otonom biasanya miskin modal, dan teknologi serta strategi manajemen dikembangkan dengan mudah dan individual. Jenis usaha ekonomi yang dikelola sendiri ada yang memanfaatkan alam ada juga yang tidak.

  1. Usaha perdagangan. Perusahaan perdagangan individu biasanya berukuran kecil dan menengah. Contoh fasilitas komersial antara lain pedagang kaki lima, pedagang kaki lima, pedagang kaki lima, pedagang pasar, warung makan, dan toko kelontong.
  2. Usaha pertanian. Modal usaha ini  terbatas. Lahan yang digarap petani juga biasanya  terbatas, dengan sawah dan tegalan. Mungkin ada peternakan yang beroperasi dalam skala besar.
  3. Bisnis jasa. Pada umumnya terdapat banyak usaha jasa yang dijalankan secara individual seperti salon, mesin fotokopi, bengkel dan penjualan kacang-kacangan.
  4. Industri kecil. Contoh industri rumahan antara lain usaha kerajinan tangan berupa pembuatan keramik, souvenir, tembikar, anyaman, dan mebel.

Check Also

Sebutkan contoh hasil kegiatan perekonomian bidang pertanian!

Sebutkan contoh hasil kegiatan perekonomian bidang pertanian! Jawaban Salah satu bentuk usaha agraris yang paling …