Setiap warga negara bebas mengeluarkan pikiran dan pendapat nya, karena itu setiap warga negara dapat menyalurkan aspirasi nya kepada lembaga-lembaga seperti?

Setiap warga negara bebas mengeluarkan pikiran dan pendapat nya, karena itu setiap warga negara dapat menyalurkan aspirasi nya kepada lembaga-lembaga seperti?

Jawaban

Lembaga-lembaga resmi yang menjadi tempat menyalurkan aspirasi dalam mengeluarkan pikiran dan pendapat bagi warga negara indonesia sesuai dengan konstitusi ialah :

  • MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat)
  • DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) Pusat, DPR Daerah Tingkat I / Provinsi, dan DPR Daerah Tingkat II / Kabupaten dan Kota
  • DPD (Dewan Perwakilan Daerah)

Pembahasan

Dalam batang tubuh Undang-Undang Dasar yang sudah diamandemen terdapat lembaga-lembaga yang menjadi tempat menampung bagi warga negara dalam mengeluarkan pendapat dan pikirannya.

Adapun lembaga-lembaga tersebut ialah :

  • MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat), berkedudukan di ibukota negara, anggotanya merupakan gabungan dari DPR pusat dan DPD, menjadi tempat menampung aspirasi warga negara terhadap hal-hal yang berkaitan dengan pembuatan atau revisi atas Undang-Undang Dasar (konstitusi).
  • DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) Pusat, berkedudukan di ibukota negara, sedangkan untuk DPR Daerah Tingkat I / Provinsi berkedudukan di ibukota provinsi, dan DPR Daerah Tingkat II / Kabupaten dan Kota, berkedudukan di ibukota kabupaten/Kota, semua anggotanya dipilih langsung oleh rakyat dalam pemilu, dan menjadi tempat menampung aspirasi atas pembuatan dan pelaksanaan undang-undang bagi DPR pusat dan Peraturan Daerah (Perda) bagi DPR Daerah tingkat I dan Tingkat II
  • DPD (Dewan Perwakilan Daerah), berkedudukan di ibukota negara, anggotanya dipilih oleh rakyat dalam pemilu, dan menjadi tempat menampung aspirasi daerah yang tidak dapat terwakili di DPR Pusat

Check Also

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh pemiliknya dan kapasitas mobil masing-masing adalah lima orang termasuk pengemudi. Banyak cara menyusun penumpang di kedua mobil tersebut adalah

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh …