Musik tari yang berasal dari luar diri penari berupa seperangkat gamelan disebut musik?

Musik tari yang berasal dari luar diri penari berupa seperangkat gamelan disebut musik?

Jawaban

Iringan tari merupakan komponen pendukung yang dibutuhkan seni tari. Iringan tari dapat berupa suatu musik. Musik tari yang berasal dari luar diri penari yang berupa seperangkat gamelan disebut musik iringan eksternal.

Pembahasan

Seni tari merupakan salah satu kesenian yang ada di dunia. Salah satu bentuk seni tari yaitu tari tradisional. Setiap tari memiliki iringan yang berbeda beda. Iringan tari merupakan komponen pendukung yang berfungsi sebagai pengatur irama sehingga dapat menyelaraskan gerakan.

Musik iringan tari merupakan bentuk pengiring yang sudah terpola dari segi birama, harmoni, tempo, dinamika, ritmis, dan melodinya. Untuk membuat musik iringan tari dapat digunakan alat musik instrumental maupun vokal.

Macam-macam musik iringan tari:

  • Musik iringan eksternal, yaitu iringan yang berasal dari nyanyian, kata, kata, pantun, dan permainan alat musik. Dapat dikatakan bahwa musik iringan eksternal berasal dari luar diri penari. Contohnya yaitu Tari Gambyong menggunakan iringan musik dari seperangkat gamelan Jawa.
  • Musik iringan internal, yaitu iringan yang berasal dari tepuk tangan dan juga tepukan ke bagian tubuh, hentakan kaki, dan bunyi lainnya. Dapat dikatakan bahwa musik iringan internal berasal dari penari. Contohnya yaitu Tari Kecak Bali yang menggunakan iringan paduan suara laki-laki, Tari Saman yang menggunakan iringan suara dari para penari dan tepuk tangan penari.

Check Also

Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari Jawaban Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah Beriman, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.