Sebutkan macam macam sandangan di aksara Jawa!

Sebutkan macam macam sandangan di aksara Jawa!

Jawaban

Macam-macam Sandangan aksara Jawa ada tiga, yaitu:

  1. Sandangan Swara, yaitu simbol yang digunakan untuk mengubah vokal dasar aksara Jawa. Contohnya: wulu,pepet, suku, taling, taling tarung.
  2. Sandangan Panyigeg Wanda. Sandangan ini berfungsi sebagai penanda vokal penutup kata. Ada tiga sandangan panyigeg wanda, yaitu layar untuk akhiran “r”, wignyan untuk akhiran “h”, dan cecak untuk akhiran “ng”.
  3. Sandangan Wyanjana. Sandangan ini berfungsi untuk suku kata yang memiliki unsur huruf “ra”, “re”, dan “ya” di tengah kata. Sehingga ada beberapa sandangan wyanjana, seperti cakra untuk vokal “ra”, keret untuk vokal “re”, dan pengkal untuk vokal “ya” di tengah kata.

Pembahasan

Pengertian Sandangan Aksara Jawa Dalam buku Pedoman Penulisan Aksara jawa karya Darusuprapta (2002) disebutkan bahwa sandangan adalah simbol atau penanda yang akan mengubah vokal dasar pada aksara Hanacaraka. Diketahui, Aksara Jawa memiliki 20 aksara, yaitu yaitu Ha, Na, Ca, Ra, Ka, Da, Ta, Sa, Wa, La, Pa, Dha, Ja, Ya, Nya, Ma, Ga, Ba, Tha, Nga.

20 aksara itu memiliki vokal berupa /a/. Sementara penulisan kalimat juga memerlukan vokal lain seperti i, u, e, o, dan seterusnya. Di sinilah peran sandangan. Aksara akan berubah vokalnya jika ditulis dengan sandangan yang sesuai vokal masing-masing.

Check Also

Jelaskan cara penggambaran watak tokoh dalam cerita!

Jelaskan cara penggambaran watak tokoh dalam cerita! Jawaban Pengarang pastinya pengin ceritanya tersampaikan dengan baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published.