Bagaimana cara melakukan gerakan membungkukkan badan?​

Bagaimana cara melakukan gerakan membungkukkan badan?​

Jawaban

Berikut ini langkah-langkah dalam melakukan gerakan membungkukkan badan:

  1. Berdirilah dengan kedua kaki  sedikit lebih lebar dari bahu Anda, lihat lurus ke depan, dan putar tangan Anda ke samping.
  2. Membungkuk ke depan sampai tangan Anda menyentuh lantai di antara kaki Anda.
  3. Saat tubuh Anda ditekuk, leher Anda tidak boleh tegang atau kaku dan kepala Anda tidak boleh ditekuk secara fleksibel.
  4. Tahan posisi ini selama 10 hitungan. Kemudian tempatkan tubuh pada posisi yang sama seperti semula.
  5. Belok kiri dan tahan posisi ini 10 kali dengan kedua tangan menyentuh lantai  telapak kaki kiri dan kanan.
  6. Tekuk lagi, sentuh lantai di  kiri dan kanan  kaki kanan Anda dengan kedua tangan ke kanan dan hitung sampai 10 sambil menahan posisi ini.

Pembahasan

Gerakan mengayun, membungkuk, dan menekuk adalah contoh non-lokomotor. Non-lokomotor adalah latihan yang tetap di tempat. Kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) memuat materi tentang pentingnya gerak lokomotor dan gerakan non lokomotor. Penting untuk memahami kedua gerakan agar tidak salah. Gerak nonlokomotor adalah jenis gerak  yang dilakukan secara in-situ tanpa berpindah dari satu titik ke titik lainnya. Oleh karena itu, latihan non-olahraga adalah latihan yang dilakukan oleh tubuh tanpa mengubah posisinya. Gerakan non lokomotor juga bisa diartikan sebagai skill stabil yang dilakukan  dengan sedikit atau tanpa gerakan dari  area support. Anak-anak biasanya tidak terlalu menyukai non lokomotor, dan mereka lebih memilih olahraga karena olahraga mengharuskan seseorang  berpindah tempat saat melakukan olahraga tertentu. Gerakan mengayun, membungkuk, dan membungkuk adalah hal biasa dalam beberapa cabang olahraga  seperti tenis meja, senam, bulu tangkis, baseball, dan tenis. Gerakan mengayun, membungkuk, dan menekuk memberikan kelenturan tubuh Anda. Fleksibilitas adalah kemampuan untuk menggerakkan sendi secara luas dan bebas. Fleksibilitas yang luar biasa membantu mengurangi risiko cedera selama aktivitas olahraga.

  1. Gerakan mengayun. Gerakan mengayun disebabkan oleh ayunan sendi lengan.
  2. Latihan membungkuk. Latihan fleksi berguna untuk melatih pinggul.
  3. Gerakan menekuk. Gerakan fleksi dilakukan dengan menekuk pergelangan tangan. Gerakan ini dapat melatih mobilitas pergelangan tangan.

Check Also

Adakah pembamgkit listrik tenaga air di daerahmu

Adakah pembamgkit listrik tenaga air di daerahmu Di daerah saya ada satu pembangkit listrik tenaga …