Terjadinya pertentangan agama Islam dengan agama Katholik di Maluku disebabkan oleh

Terjadinya pertentangan agama Islam dengan agama Katholik di Maluku disebabkan oleh

Jawaban

Terjadinya pertentangan agama islam dan kristen di Ambon pada saat itu adalah karena pertikaian antara salah satu pemuda keturunan Bugis beragama Islam dengan pemuda yang beragama Kristen dari Mardika. Selanjutnya adalah peperangan antar desa yang diawali oleh preman beragama Islam yang mengatakan bahwa ia akan dibunuh oleh orang kristen.

Pembahasan

Indonesia memiliki beragam agama dengan agama resmi adalah Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha dan Konghucu dengan persentase agama Islam sebagai agama dengan pemeluk sebesar. Ambon merupakan sebuah daerah yang rentan mengalami konflik agama pada masa itu. Sering sekali muncul kesalah pahaman antara agama yang satu dengan agama lainnya. Salah satunya adalah konflik agama Islam dengan Katholik di Maluku pada tahun 1999. Kejadian ini menewaskan hampir 5000 nyawa manusia di Maluku sehingga menyebabkan sepertiga penduduk Maluku dan Maluku Utara mengungsi. Penyebab terjadinya perang agama tersebut adalah sebagai berikut :

  • Konflik antar permuda yang merupakan pertikaian dengan awal mula pemuda Bugis beragama Islam dengan pemuda Mardika yang beragama Kristen. Pemuda yang beragama Kristen ini merupakan supir angkot yang tidak mau dimintai uang sampai berkali-kali oleh pemuda beragama islam yang merupakan preman di terminal batu merah tersebut. Sehingga masalah ini menjadi perkelahian dan membawa senjata tajam yang dibawa pemuda asal Mahardika
  • Peperangan antar desa pun terjadi karena pemuda preman yang beragma Islam tersebut mengatakan pada warga bahwa ia akan dibunuh oleh pemuda yang beragama kristen tersebut. Warga desa pun tanpa berfikir panjang langsung membawa perang, tombak dan berbagai jenis senjata tajam. Mereka pun membakar ratusan rumah dan membuat satu Gereja Silele ikut terbakar. Akibatnya ratusan rumah terbakar, ratusan orang terluka dan fasilitas pun rusak.

Check Also

Pada tanggal 28 oktober 1928 peserta kongres pemuda mengucapkan ikrar

Pada tanggal 28 oktober 1928 peserta kongres pemuda mengucapkan ikrar Jawaban Kongres pemuda yang dilaksanakan pada …