Analisis kedudukan pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari!

Analisis kedudukan pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban

Kedudukan Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari adalah menjadi pedoman bangsa Indonesia dalam melakukan segala aktivitas sehari-hari yang didasarkan pada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila serta menjadi sumber dari segala sumber hukum. Pancasila sebagai kepribadian bangsa dapat diartikan bahwa bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari diharapkan menerapkan nilai-nilai Pancasila sebagai ciri khas dan jati diri bangsa Indonesia.

Pembahasan

Pancasila memuat 5 prinsip dasar negara yang merupakan wujud dari jati diri bangsa Indonesia yang mana nilai-nilai dari Pancasila tersebut wajib untuk diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, yaitu nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan dan kesatuan, nilai-nilai kerakyatan, demokrasi, musyawarah, serta nilai keadilan. Dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila sebagai ciri khas bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, diharapkan kehidupan berbangsa dan bernegara dapat terlaksana sesuai dengan cita-cita bangsa.

Check Also

Jelaskan cara penggambaran watak tokoh dalam cerita!

Jelaskan cara penggambaran watak tokoh dalam cerita! Jawaban Pengarang pastinya pengin ceritanya tersampaikan dengan baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published.