Tugas dan tanggung jawab juru mudi di atas kapal​

Tugas dan tanggung jawab juru mudi di atas kapal​

Jawaban

Salah satu profesi yang dibutuhkan di kapal laut adalah juru mudi yang biasa disebut sebagai Able Bodied Seaman (AB). Juru mudi merupakan orang yang punya tugas pokok memegang kendali kemudi kapal atas komando nahkoda. Juru mudi bertanggung jawab terhadap kemudi arah kemana kapal menuju, perawatan kapal, membantu memproses sandar kapal, membantu operasi kargo, mengemudikan crane dan derek jika sedang dibutuhkan, dan memantau persediaan air tawar.

Pembahasan

Transportasi terdiri dari tiga jenis, yaitu udara, darat dan laut. Pada transportasi laut seperti kapal laut tentu terdapat beberapa profesi, salah satunya yaitu juru mudiJuru mudi atau AB bertugas untuk mengemudi kapal atas komando dari nahkoda. Tetapi juga punya beberapa tanggung jawab lainnya seperti menjaga kebersihan dan merawat kapal, membantu kapal bersandar, operasi kargo, persediaan air tawar, dan mengemudikan crane dan derek. Untuk menjadi juru mudi ada syarat tertentu yang harus dipenuhi, antara lain punya sertifikat Basic Safety Training (BST), Advanced Fire Fighting (AFF), dan Security Awareness Training (SAT).

Check Also

Mengapa sikap disiplin diperlukan dalam kehidupan Anda?

Mengapa sikap disiplin diperlukan dalam kehidupan Anda? Jawaban Sikap disiplin sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari yaitu …

Leave a Reply

Your email address will not be published.