Agama Hindu – Buddha yang berkembang di Indonesia memiliki perbedaan dengan agama Hindu – Buddha yang berkembang di India . Perbedaan tersebut terjadi karena?

Agama Hindu – Buddha yang berkembang di Indonesia memiliki perbedaan dengan agama Hindu – Buddha yang berkembang di India . Perbedaan tersebut terjadi karena?

Jawaban

Terdapat perbedaan antara agama Hindu – Buddha yang berkembang di Indonesia dan yang berkembang di India. Hal ini terjadi karena, ajaran Hindu – Buddha yang terdapat di Indonesia telah mengalami penyesuaian dengan kebudayaan setempat yang ada di Indonesia, sedangkan ajaran Hindu – Buddha yang terdapat di India masih murni.

Pembahasan

Ajaran Hindu – Buddha yang ada di Indonesia telah mengalami perubahan atapun perkembangan dibandingkan dengan ajaran Hindu – Buddha yang aslinya di India. Perubahan tersebut terjadi dikarenakan 2 hal, yaitu:
-Akulturasi memiliki arti proses sosial yang terjadi karena adanya kebudayaan asing yang masuk ke dalam kebudayaan asli daerah setempat dan kebudayaan asing tersebut berbaur dan menyesuaikan dengan kebudayaan setempat tanpa menghilangkan unsur kebudayaan asing yang masuk tersebut.
-Sinkretisme adalah proses bercampurnya beragam aliran kepercayaan atau agama-agama yang memadukan berbagai pemahaman didalamnya dan menghasilkan pemahaman yang abstrak untuk mencari keserasian.
Dengan, demikian ajaran Hindu – Buddha di Indonesia berbeda dengan yang di India karena telah mengalami akulturasi dan sinkretisme, sehingga tidak lagi murni seperti di India.

Check Also

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi yang menandai masa kejayaannya adalah

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi …