Jelaskan pengertian privacy secara fisik dan informasi!

Jelaskan pengertian privacy secara fisik dan informasi!

Jawaban

Privasi secara fisik merupakan suatu golongan yang memiliki keinginan untuk tidak mengalami gangguan secara fisik, misalnya ingin menyendiri tanpa gangguan dari orang lain dan ingin dekat dengan orang-orang tertentu saja, tetapi jauh dari orang lainnya atau intimacy.

Privasi secara informasi merupakan suatu hak untuk memiliki kendali atas bagaimana informasi pribadi dengan mengumpulkan dan digunakan menurut Asosiasi Profesional Privasi Internasional.

Pembahasan

Privasi merupakan salah satu keadaan dimana kehidupan pribadi seseorang maupun sekelompok orang terbebas dari pengawasan maupun gangguan orang lain. Ada beberapa fungsi privasi, antara lain:

  1. Untuk mengatur dan mengendalikan interaksi interpersonal dengan orang lain sehingga dapat menentukan kapan waktu untuk menyendiri bahkan kapan waktu bersama-sama dengan orang lain.
  2. Untuk membuat rencana bahkan strategi dalam berinteraksi dengan orang lain yang termasuk menjaga jarak dalam interaksi tersebut.
  3. Untuk memperjelas konsep diri bahkan identitas diri seseorang.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi privasi, adalah:

  1. Faktor personal, yang melatar belakangi pribadi seseorang yang akan sangat berpengaruh pada kebutuhan akan privasi yang berdasarkan penelitiannya anak-anak yang tumbuh dalam kondisi rumah yang sesak cenderung memilih keadaan anonim bahkan reserve saat dewasa.
  2. Faktor situasional, merupakan hasil penelitian yang mengenai privasi dalam dunia kerja secara umum yang disimpulkan bahwa tingkat kepuasan akan privasi sangat berkaitan dengan seberapa besar lingkungan kerja mngijinkan orang-orang di dalamnya untuk menyendiri.

Check Also

Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari Jawaban Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah Beriman, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.