Jelaskan posisi ideologi Pancasila di antara ideologi lain di dunia dan apa karakter khas ideologi Pancasila?

Jelaskan posisi ideologi Pancasila di antara ideologi lain di dunia dan apa karakter khas ideologi Pancasila?

Jawaban

Posisi ideologi pancasila di antara ideologi lain didunia adalah negara demokrasi yang berarti Indonesia mengarah ke Liberalisme yang merupakan suatu paham yang mengutamakan kebebasan individu. Dengan demikian, hak setiap individu dilindungi serta diakui dalam liberalisme yang tentu mementingkan suara rakyat bahkan memberikan kebebasan dalam setiap aspek kehidupan, misalnya kebebasan dalam hak memberi suara untuk pemilu.

Karakter khas ideologi pancasila adalah nilai serta cita-citanya tidak dipaksakan dari luar dan tidak pula diciptakan oleh negara, melainkan diambil dan digali dari kekayaan rohani, moral serta budaya masyarakat sendiri. Oleh karena itu, membuat ciri bahwa pancasila sebagai ideologi terbuka atas dasar perfektif sejarah yang menunjukkan bahwa pancasila adalah suatu pilihan yang tepat bagi pertumbuhan bahkan perkembangan bangsa.

Pembahasan

Ideologi pancasila merupakan salah satu hal kumpulan nilai dan norma yang menjadi landasan keyakinan serta cara berpikir untuk mencapai tujuan dengan berdasar kepada lima sila dalam pancasila. Ada beberapa fungsi ideologi pancasila, antara lain:

  1. Untuk sarana pemersatu bangsa Indonesia, memperkukuh serta memelihara kesatuan dan persatuan.
  2. Untuk membimbing bahkan mengarahkan bangsa Indonesia dalam mencapai tujuan.
  3. Untuk memberikan motivasi dalam menjaga dan memajukan jati diri bangsa Indonesia.
  4. Menjadikan pedoman hidup bangsa Indonesia dalam menjaga keutuhan negara.
  5. Untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme.
  6. Untuk menunjukkan jalan dan mengawasi dalam upaya mewujudkan cita-cita yang terkandung dalam Pancasila.

Check Also

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh pemiliknya dan kapasitas mobil masing-masing adalah lima orang termasuk pengemudi. Banyak cara menyusun penumpang di kedua mobil tersebut adalah

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh …