Mesofil pada daun terdapat diantara epidermis atas dan epidermis bawah akan berdiferensiasi menjadi?

Mesofil pada daun terdapat diantara epidermis atas dan epidermis bawah akan berdiferensiasi menjadi?

Jawaban

Mesofil adalah suatu jaringan daun yang terbentuk dari parenkim palisade dan bagian jaringan spons. Mesofil akan berdiferensiasi menjadi parekim palisade (jaringan tiang) dan parenkim spons (jaringan bunga karang).

Pembahasan

Struktur daun antara tumbuhan dikotil dan tumbuhan monokotil berbeda. Berikut perbedaan struktur daun pada tumbuhan dikotil dan tumbuhan monokotil:

  • Struktur daun dikotil yaitu epidermis, mesofil, jaringan pengangkut, dan jaringan penguat daun. Epidermis berfungsi mencegah pathogen masuk kedalam daun, pelindung jaringan internal yang lunak. Mesofil berdiferensiasi menjadi parenkim palisade dan parenkim sponsa. Dan jaringan penguat daun terdiri dari kolenkim, sklerenkim, parenkim turgid, dan xilem.
  • Struktur daun monokotil yaitu epidermis, mesofil, dan berkas vaskuler. Epidermis terdapat dipermukaan di atas dan bawah daun. Mesofil tidak berdiferensiasi menjadi parenkim palisade dan sponsa, daun isobilateral. Dan di dalam berkas vascular, xylem mengarah ke permukaan atas sedangkan floem kearah permukaan bawah daun.

Check Also

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama!

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama! Jawaban Menurut pendapat …