Uraikan bagaimana proses terjadinya semangat dan komitmen kebangsaan terjadi?​

Uraikan bagaimana proses terjadinya semangat dan komitmen kebangsaan terjadi?​

Jawaban

Ada empat periode semangat dan komitmen kebangsaan yang pernah terjadi:

  1. Periode I atau periode sebelum pergerakan nasional
  2. Periode II atau periode pergerakan nasional
  3. Periode III atau proklamasi dan perang kemerdekaan
  4. Periode IV atau masa kemerdekaan mengisi perjuangan.

Pembahasan

Periode semangat dan komitmen kebangsaan datang jauh sebelum munculnya gerakan nasional atau keberadaan organisasi tempur. Salah satunya  ditandai dengan semangat Patty di Kerajaan Majapahit, sumpah Palapa untuk membuktikan Gadjah Mada, untuk menyatukan nusantara saat itu. Di sisi lain, bentuk semangat dan komitmen kebangsaan yang kadang-kadang ditunjukkan oleh para pendiri negara  terbagi menjadi empat periode, antara lain:

  1. Periode I, periode semangat dan komitmen kebangsaan yang mendahului keberadaan gerakan nasional. Saat itu Indonesia masih berbentuk kerajaan, namun meskipun  ada perbedaan agama dan budaya antar kerajaan, kami mampu menjalani kehidupan yang damai dan harmonis.
  2. Periode II, periode semangat dan komitmen kebangsaan yang berlangsung selama pergerakan nasional. Saat itu, semangat kemerdekaan dan tekad  semakin membara, melawan penjajah dan merampas kedaulatan dan kehormatan bangsa. Tahap awal perjuangan ini dimulai dengan lahirnya organisasi pergerakan nasional seperti Budi Utomo dan Persatuan Islam, serta Sumpah Pemuda  1928.
  3. Periode III, masa semangat dan komitmen nasional yang terjadi pada masa Deklarasi dan Perang Revolusi, muncul karena Indonesia masih diserang oleh  Belanda yang tidak menerima kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, Indonesia dipersenjatai dan melawan  Belanda dengan semangat dan nilai-nilai perjuangan, terutama dengan perasaan sebagai negara merdeka.
  4. Periode IV, periode semangat dan komitmen yang berlangsung selama perjuangan  kemerdekaan. Meski sudah mandiri, bukan berarti perjuangan akan berhenti begitu saja. Melainkan harus diisi dengan nilai-nilai positif yang sesuai dengan jiwa dan semangat  para pemuda.

Check Also

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh pemiliknya dan kapasitas mobil masing-masing adalah lima orang termasuk pengemudi. Banyak cara menyusun penumpang di kedua mobil tersebut adalah

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh …