Bayangan yang dibentuk oleh cermin datar selalu bersifat?

Bayangan yang dibentuk oleh cermin datar selalu bersifat?

Jawaban

Dalam kehidupan manusia terdapat 3 macam cermin yaitu cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung. Sifat bayangan yang terbentuk dari cermin datar adalah maya, tegak, dan sama besar.

Pembahasan

Cermin merupakan suatu benda yang dapat memantulkan cahaya sebuah benda yang ada di depannya. Macam – macam cermin antara lain:

  • Cermin datar merupakan cermin dengan permukaan yang datar. Cermin datar ini menghasilkan dua macam bayangan yakni maya, tegak, dan sama besar.
  • Cermin cekung. Sifat bayangan cermin cekung adalah nyata dan terbalik. Ketika benda diletakkan tepat pada titik fokus, maka tidak terbentuk bayangan sebab berkas-berkas sinar pembentukan bayangan tidak saling bertemu/berpotongan.
  • Cermin cembung. Sifat bayangan cermin cembung adalah maya, tegak, dan diperkecil. Cermin cembung selalu menghasilkan bayangan dari benda nyata, sebab posisi benda berada di ruang nomor IV di depan cermin, sedangkan titik fokus dan pusat kelengkungan berada di belakang (dalam) cermin di mana terdapat ruang nomor I, II, dan III.

Check Also

Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Penerapan profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari Jawaban Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah Beriman, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.