Antibodi dalam tubuh dihasilkan oleh sel limfosit tipe?

Antibodi dalam tubuh dihasilkan oleh sel limfosit tipe?

Jawaban

Antibodi atau dikenal juga dengan immunoglobulin merupakan protein plasma yang dihasilkan oleh sel B. Sel B sendiri adalah limfosit yang terdiferensiasi. Oleh karenanya, limfosit yang merupakan penghasil antibodi adalah limfosit tipe B.

Pembahasan

Terdapat dua jenis limfosit, yaitu limfosit tipe T dan limfosit tipe B. Kedua limfosit ini dihasilkan oleh sumsum tulang belakang. Limfosit yang melakukan mobilisasi ke bagian Timus akan menjadi sel T matang, sedangkan limfosit yang tetap berada di sumsum tulang akan menjadi sel B. Limfosit yang normal 1.000 sampai dengan 4.800 limfosit dalam 1 mikroliter (µL) darah pada orang dewasa dan pada anak-anak berkisar antara 3.000 dan 9.500 limfosit dalam 1 mikroliter darah. Pada dasarnya, limfosit berfungsi untuk meregulasi sistem imun.

  1. Limfosit B. Limfosit B memiliki fungsi menghasilkan antibodi, memproses antigen, internalisasi antigen, dan mempresentasikan antigen kepada limfosit T yang berguna dalam meningkatkan respon imun. Limfosit B yang teraktivasi akan berkembang menjadi sel memori dan akan berdeferensiasi menjadi sel plasma.
  2. Limfosit T. Limfosit T ini kemudian dibedakan lagi berdasarkan reseptor antigennya, yaitu sel T yang memiliki TCR δ/γ, dan sel T yang memiliki TCR α/β. Sel T δ/γ ditemukan di epitel mukosa, darah, berfungsi stimulasi terhadap imunitas bawaan dan mukosa. Sel T δ/γ ini akan memproduksi IFN-γ dan mengaktivasi sel dendritik dan makrofag. Sel ini akan bertambah saat terjadi infeksi patogen. Sel T α /β diekspresikan pada sebagian besar sel T dan berperan dalam respon imun yang diaktivasi antigen.

 

Check Also

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi Jawaban Privatisasi merupakan bentuk …