Sebutkan unsur drama pada teks drama Mahkamah karya Asrul sani​!

Sebutkan unsur drama pada teks drama Mahkamah karya Asrul sani​!

Jawaban

Terdapat beberapa macam unsur drama. Berdasarkan pertanyaan tersebut, unsur drama pada teks drama Mahkamah karya Asrul sani​, yakni:

  1. Tema: Menunggu waktu atau kesempatan.
  2. Alur: Alur maju dan alur mundur.
  3. Latar tempat: Pengadilan, kamar.
  4. Latar waktu: Siang dan malam.
  5. Latar suasana: Menegangkan.
  6. Sudut pandang: Orang pertama tunggal
  7. Amanat: Jangan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apa yang diinginkan, utamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.
  8. Penokohan: Murni, Bahri, hakim ketua, penuntut umum, dan pembela.

Pembahasan

Drama merupakan salah satu jenis karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia melalui gerak. Drama menggambarkan realita kehidupan, tingkah laku, serta watak manusia melalui peran dan dialog yang dipentaskan. Kisah dan cerita dalam drama mengandung konflik serta emosi yang secara khusus ditujukan untuk pementasan teater.

Unsur dalam drama dibagi menjadi dua, yakni unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.

  1. Unsur intrinsik: Unsur-unsur drama yang membentuk atau membangun suatu drama dari dalam. Adapun komponen dari unsur intrinsik, yakni: tema, alur, tokoh, watak, latar, serta amanat.
  2. Unsur ekstrinsik: Unsur yang membangun atau membentuk sebuah drama dari luar. Unsur ekstrinsik memiliki pengaruh yang sangat besar pada sebuah karya sastra tetapi tidak menjadi bagian dari karya sastra tersebut. Contohnya: Latar belakang penulis dari suatu karya, latar belakang masyarakat pada suatu karya sastra, nilai nilai yang terkandung pada karya sastra, dan latar belakang dalam pembuatan karya sastra.

Check Also

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV!

Jelaskan tentang jenis usaha persekutuan komanditer atau CV! Jawaban Persekutan komanditer atau CV adalah salah satu bentuk dari …